• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

Rakyat Harus Ikut Seleksi Calon Menteri

12 July
22:01 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Calon presiden terpilih, Joko Widodo (Jokowi) harus mengumumkan nama-nama calon menteri ke muka publik. Hal itu demi mengajak partisipasi masyarakat untuk ikut menyeleksi.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno mendesak Jokowi untuk berlaku transparan dalam memilih para menteri yang akan membantunya.

"Kandidat menteri itu profil kandidatnya harus dibuka. Harus dimunculkan di website resmi kementerian. Oh ini menteri agama, ini yang bidang ekonomi," katanya saat berbincang dengan Radio Republik Indonesia, Jumat (12/7/2019).

Langkah seperti itu ditekankannya demi memberikan kesempatan bagi rakyat untuk menilai bahwa sosok yang akan dipilih sebagai menteri adalah mereka yang memiliki rekam jejak yang baik.

"Kan selama ini tiba-tiba menteri itu dipilih, tanpa kita tahu rekam jejaknya apa. Jadi periode kedua ini, kalau ada 100 calon menteri, 100 nya itu mulai harus dipublikasikan profilnya seperti apa kepada rakyat. Sehingga ada public engagement. Rakyat terlibat memberikan masukan, memberikan klarifikasi," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00