• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Mitigasi Bencana

Terkait Karhutla, BNPN Akan Terjunkan Personil Ke Kalsel

12 July
20:56 2019
0 Votes (0)

KBRN Banjarmasin : Badan Nasional Penangggulangan Bencana (BNPB) akan menerjunkan ribuan personel untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kalsel.

Mereka yang terdiri dari TNI-Polri nantinya bergabung dalam Satgas Karhutla daerah.

Berdasarkan keterangan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalsel, kalau kemarau diperkirakan terjadi mulai Agustus hingga November 2019 mendatang.

“BNPB mengirimkan 1.200 personel TNI-Polri untuk memantau daerah-daerah yang rawan kebakaran,” ujar Kepala BPBD Kalsel Mahyudin, Jumat (12/7/2019).

Oleh karenanya BPBD Kalsel bakal mengadakan rapat dan sosialisasi dari BNPB Selasa pekan depan yang isinya berkaitan dengan pembekalan selama 2 hari di sebuah hotel Banjarmasin.

“Setelah itu kepala BNPB akan menyerahkan personel kepada gubernur,” katanya.

Selain potensi kemarau, daerah Kalsel cenderung adanya potensi el-nino walaupun masih dianggap moderat.

Daerah telah banyak memasang spanduk dan membagikan brosur kepada masyarakat untuk tidak membakar lahan kering.

BPBD Kalsel kini juga mempunyai inovasi patroli terbaru dengan menggunakan drone memantau wilayah-wilayah yang rawan dibakar atau terbakar.

Lantas dirinya juga mengimbau warga untuk tidak membakar sesuatu di sekitar lahan yang kering ataupun lebih buruknya dengan sengaja membakarnya.

Hukuman bagi seseorang yang membakar lahan ada dua, karena jika mengacu Perda adalah sanksi 6 bulan kurungan dan denda Rp50 juta, sedangkan jika hukum pidana hukuman 6 tahun kurungan penjara.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00