• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

Geledah Rumah Nurdin Basirun, KPK Temukan 13 Kardus dan Tas Isi Uang

12 July
20:37 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Berkaitan dengan perkara dugaan suap proyek reklamasi yang menyeret Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Nurdin Basirun sebagai tersangka utama, penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) langsung ditugaskan berangkat ke Tanjung Pinang dan daerah-daerah terkait di Kepri untuk melakukan penggeledahan mencari barang bukti berikut dokumen yang diperlukan.

Hal ini diungkapkan Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan dalam sesi pernyataan resmi di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Jumat (12/7/2019).

Febri lanjut menuturkan, ada 4 (empat) lokasi yang digeledah penyidik KPK di Kepri. Mulai rumah dinas Gubernur Kepri,  Kantor Gubernur, Kantor Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, serta Kantor Kepala Bidang Perikanan Tangkap. 

"Dari semua lokasi penyidik melakukan penyitaan terhadap dokumen-dokumen terkait perizinan. Untuk lokasi penggeledahan rumah dinas Gubernur Kepri, selain dokumen, KPK juga menemukan 13 kardus dan tas berisi uang pecahan rupiah dan valuta asing," sebut Febri kepada wartawan, Jumat (12/7/2019).

Febri mengatakan, Tim KPK masih melakukan penghitungan untuk temuan 13 kardus uang tersebut. Dan diduga, apa yang ditemukan merupakan satu jalur dengan dua perkara yg saat ini ditangani KPK yakni dugaan penerimaan suap dan dugaan penerimaan gratifikasi jabatan.

"Karena Pasal 12 B itu berbunyi jika ada penerimaan-penerimaan yang tidak dilaporkan kepada KPK selama 30 hari kerja, ada unsur pidana di situ. Jadi ini akan kami dalami," tandas Febri. (Jorike Fitri RRI /Foto: Jorike Fitri)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00