• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

350 KK di Klaten Membutuhkan Bantuan Air Bersih

12 July
19:30 2019
0 Votes (0)

KBRN, Klaten : Sekitar 350 kepala keluarga yang merupakan warga dari 6 padukuhan di Desa Socokangsi Kecamatan Jatinom Klaten mengalami krisis air bersih, dan membutuhkan bantuan droping air.

Kepala Desa Socokangsi, Wingsang Trenggono kepada RRI mengatakan, 350 KK yang membutuhkan bantuan air bersih tersebut di antaranya warga Dukuh Jetis, Bekeng Lor, Bekeng Wetan, Mangkurejo Kidul.

"Terjadinya kekeringan air bersih sudah berlangsung sejak dua bulan yang lalu dan untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga, warga terpakasa membeli air bersih, per tangki berkapasitas 5 ribu liter seharga 140 ribu rupiah," terangnya, Jumat (12/7/2019).

Dikatakannya, warga yang kekurangan air bersih tersebut selama ini hanya mengandalkan air dari satu sumur bor dan Pansimas serta bantuan BPBD Klaten serta pihak terkait, dan kebutuhan air tetap juga belum mencukupi. Untuk itu, ia berharap ada bantuan untuk dibuatkan sumur atau pengeboran sumur, agar warganya tidak mengalami kekeringan air bersih.

Warga Desa Socokangsi pada umumya tidak mempunyai sumur di rumahnya, mengingat kedalaman sumur gali mencapai hingga 80 meter dan Kalau musim hujan mengandalkan tampungan bak air dari air hujan," tambah  Wingsang.

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Klaten, Sri Yuwana Haris mengatakan, bagi desa-dersa yang mengalami krisis air, diharapkan kepala desa untuk mengajukan  permintaan droping air bersih ke Badan Penanggulanag Bencana Daerah Klaten, dan pihak BPBD siap melakukan droping air bersih. (yon/yyw).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00