• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Masyarakat Serahkan 6 Pucuk Senjata Api Sisa Konflik Aceh ke TNI, Pangdam IM: Ini Tanda Aceh Sudah Aman

12 July
18:24 2019
0 Votes (0)

KBRN, Banda Aceh : Enam pucuk senjata api diserahkan oleh masyarakat Aceh secara sukarela kepada TNI. Senjata api tersebut diserahkan di Makodam Iskandar Muda yang diterima langsung oleh Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko, Jumat (12/7/2019).

Senjata api yang diserahkan tersebut, lima pucuk laras panjang dan satu pucuk laras pendek jenis pistol. Senjata api peninggalan masa konflik Aceh itu masih berfungsi dengan baik.

Enam senjata yang diserahkan itu masing-masing dua pucuk jenis AK 56, satu jenis SS1, satu pucuk S16, satu pucuk US M1 Carbine dan satu pucuk pistol beserta 261 butir amunisi.

Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjend TNI Teguh Arief Indratmoko mengatakan, senjata itu merupakan bekas eks konflik Aceh atau yang dimiliki oleh masyarakat secara pribadi. Penyerahan senjata api itu dilakukan oleh masyarkat secara sukarela.  

Menurut Pangdam Iskandara Muda, penyerahan senjata api oleh warga ini merupakan bukti kesadaran masyarakat untuk merawat perdamaian Aceh.

“Kami dari Kodam IM menerima penyerahan senjata dari masyarakat dengan bukti bahwa, masyarakat sekarang semakin sadar, dengan kepemilikan senjata ada pada dua hal, ini adalah bekas konflik atau senjata yang beredar di kalangan masyarakat,” kata Pangdam.

Diketahui senjata itu diperoleh dari masyarakat Aceh Timur dan Aceh Utara. Penggalangan itu dilakukan agar senjata sisa konflik yang masih banyak beredar di masyarakat, tidak disalah gunakan oleh oknum pelaku kriminal.

“Masyarakat sipil tidak boleh memiliki senjata api karena hal tersebut melanggara hukum. Ini juga merupakan upaya penggalangan yang dilakukan jajaran TNI khususnya Kodam Iskandar Muda di wilayah Provinsi Aceh,” tegasnya.

Ia mengimbau agar masyarakat yang masih memiliki senjata api ilegal, segera menyerahkannya kepada aparat keamanan secara sukarela. Pangdam memastikan pemilik senjata api tersebut tidak akan diproses hukum.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00