• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

Korupsi Dana Hibah Desa di Kabupaten Bengkayang, Polda Kalbar Sita Uang Rp 6,9 Miliar

12 July
18:04 2019
0 Votes (0)

KBRN, Pontianak : Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Barat menyita uang tunai sebanyak Rp 6,9 miliar yang diduga hasil korupsi dana hibah 48 desa di Kabupaten Bengkayang.

"Anggaran tersebut awalnya berjumlah Rp 20 Miliar yang diperuntukkan untuk pembangunan infrastruktur 48 desa di Bengkayang," kata Kapolda Kalbar Irjen Didi Haryono melalui Kabid Humas, Kombes Pol. Donny Charles Go, Jumat (12/7/2019).

Donny menjelaskan, dugaan korupsi itu bermula pada 29 Desember 2017 ketika Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bengkayang mengumpulkan masing-masing kepala desa dan menyampaikan bahwa anggaran tersebut sudah disalurkan ke rekening 48 desa tersebut.

"Dana tersebut diperuntukkan untuk pembayaran pembangunan infrastruktur oleh pihak ketiga, dengan total dana kurang lebih Rp 11 Miliar untuk 25 desa. Namun tanpa termuat dalam APBDes dan APBDes Perubahan, serta tidak dilengkapi dengan dokumen kemajuan pekerjaan dan dokumen pembayaran," bebernya.

Polda Kalbar masih melakukan penyidikan dan pendalaman terkait dugaan adanya korupsi dana hibah desa tersebut 174 orang saksi sudah diperiksa dalam kasus ini. 

"Kami masih menunggu hasil audit pemeriksaan fisik dari ahli teknis Universitas Tanjungpura Pontianak. Ini lagi dikumpulkan. Jika hasil audit telah keluar, maka akan ada yang ditetapkan menjadi tersangka," pungkas Donny.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00