• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

Pantau Pulau Terluar Lantamal II Perlu Penambahan Armada

12 July
18:03 2019
0 Votes (0)

KBRN, Padang : Dewasa ini tidak sedikit pulau di Indonesia yang diincar kapal-kapal asing berkedok kapal pesiar. Terkait hal itu, Lantamal II berserta ajarannya memperketat  pertahanan wilayah laut untuk mengantisipasi pelanggaran yang mengancam keutuhan NKRI. 

Dalam perbincangannya dengan RRI,  Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut – Danlantamal II, Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman mengatakan, gelombang laut yang cukup besar menuntut ketersediaan armada Angkatan Laut  yang memadai untuk mengawal perairan Lantamal II  yang demikian luas. 

Pihaknya telah berkoordinasi dengan komando atas untuk penambahan armada di samping  4 KRI yang ada meliputi KRI Kala Hitam, Cakalang, Kurau dan KRI Kelabang. Jauh sebelumnya, Lantamal II melalui kegiatan rutinnya menggelar patroli laut sepanjang tahun dengan tujuan memantau situasi perairan yang dilakukan secara acak  dan ditujukan ke pulau-pulau terluar yang jarang terjangkau akses transportasi dan komunikasi.  

Menurut Agus Sulaeman,  banyak hal yang memicu terjadinya  pelanggaran di wilayah perairan,  salah satu penyebabnya adalah  terbatasnya sarana prasarana pendukung kegiatan operasional aparat.

"Sementara laut merupakan wilayah yang tidak berpagar dan  dalam berbagai kesempatan, orang-orang tertentu berupaya mencari  peluang untuk  masuk dengan  menembus  pertahanan batas wilayah,'' ujarnya Jumat, (12/7/2019).

Dari  jajaran TNI Angkatan Laut  sudah menggelar  patroli rutin dengan sasaran pulau-pulau terluar  yang  kerap menjadi incaran kapal-kapal asing. Komando atas telah memerintah satuan di bawahnya agar  memantau kondisi perairan yang untuk Kabupaten Kepulauan Mentawai dititikberatkan ke perairan sekitar Siberut Barat dan Siberut Utara.

Meski sejauh ini belum ada laporan pelanggaran di perairan Lantamal II, Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman menekankan aparat terutama tiga lanal di wilayahnya meliputi Lanal Nias, Sibolga dan Lanal Bengkul agar waspada dan merespon cepat perubahan yang terjadi di  wilayah pantauan.Kelalaian sesaat berdampak vatal terhadap keutuhan wilayah yang diri dari pulau-pulau.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00