• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Haji 2019

Menag; Keberangkatan Calhaj Berjalan Lancar

12 July
16:22 2019
0 Votes (0)

KBRN, Banyumas : Menteri Agama ( Menag) Lukman Hakim Saifudin mengatakan satu minggu pemberangkatan calon jamaah haji ( Calhaj), ke tanah suci berjalan lanjar dan tidak ada ganguan besar di seluruh embarkasi yang berjumlah 13 di Indonesia. 

Sehingga rata- rata Calhaj berangkat sesuai jadwal, hanya ada beberapa kloter yang terlambat namun masih dinilai wajar karena keterlambatan masih dalam batas toleransi. 

Lukman Hakim di Purwokerto Jumat (12/7/2019) meninjau asrama Pondok Pesantren Darusalam Dukuhwaluh, menjelaskan proses kelancaraan Calhaj ini dimulai dari karantina selama 24 jam di asrama haji, kemudian pemeriksaan kesehatan, kelengkapaan dokumen, dan pembagian uang saku berjalan lancar diseluruh embarkasi. 

Hal ini setelah dirinya melakukan pemantuan di sejumlah embarkasi, kelancaraan ini berkat kerja keras dari berbagai pihak, terutama petugas haji dan petugas kesehatan yang terus memantau kesehatan Calhaj. 

Namun demikian Lukman Hakim berpesan, kepada Calhaj yang mau berangkat agar menjaga asupan makanan dan kebutuhan vitamin, karena saat ini di Arab Saudi cuaca sedang panas. 

“ Kita bersyukur dari pantuan kita ke 13 Embarkasi di seluruh tanah air, secara bertahap jamaah haji kita secara berangsur- angsur meningalkan tanah air menuju tanah suci. Jadi Alhamdulillah tidak ada kendala yang berarti,”kata Lukman Hakim Saefudin.

Lukman Hakim juga menambahakan pada keberangkatan haji 2019, rata- rata mereka menunugu 7-9 tahun. Namun untuk yang baru mendaftar tahun ini, harus menunggu mulai dari belasan tahun hingga puluhan tahun. Berdasarkan asal daerah  Calhaj, karena masing- masing daerah berbeda- beda. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00