• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Haji 2019

Calhaj Lansia di Kaltim Gembira Kuota Haji Bertambah

12 July
15:01 2019
0 Votes (0)

KBRN, Samarinda : Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur pada musim Haji 1440 H tahun ini mendapat tambahan kuota haji sebanyak 248 orang yang peruntukkannya diprioritaskan bagi calhaj Lansia sebanyak 124 orang atau 50 persen dari total tambahan kuota.

Kardi warga Samarinda kepada RRI, Jumat (12/7/2019) menilai penambahan kuota ini menjadi upaya Pemerintah memberikan kesempatan lebih bagi para Lansia agar segera menerima panggilan ke Baitullah.

“Gembira sekali karena kesempatan berhaji lebih cepat bisa terwujud. Kami berharap Calon Haji yang muda bisa bersabar dan jangan justru cemburu”, ungkapnya.

Salah satu warga Lansia di Samarinda Iwan yang kini berusia 62 tahun menyambut gembira kebijakan dari Kementerian Agama yang memprioritaskan calon jamaah lansia yang dinilainya kesulitan bila harus menunggu daftar antrian terlalu lama. Iwan bahkan meminta agar Kementerian Agama agar memberikan seluruh kuota tambahan tersebut kepada para lansia dan tidak membaginya kepada daftar tunggu regular atau nonlansia.

“Saya sudah 8 tahun daftar Haji belum berangkat-berangkat sampai sekarang sehingga ke depan Kita harapkan Kementerian Agama bisa memberikan kuota haji bagi lansia secara penuh tidak usah dibagi-bagi”, harap Iwan.

Meski menyambut baik Nugra di Tenggarong meminta agar Kementerian Agama mewaspadai praktik curang oknum yang dinilai memiliki celah memperjualbelikan kursi keberangkatan haji.

“Celah itu selalu ada sehingga Kita minta Kemenag mengawasi jangan sampai ada Lansia yang mau berangkat cepat rela membayar biaya hingga jutaan rupiah”, kata Nugra.

Seperti diketahui Kerajaan Arab Saudi memberikan tambahan kuota Haji bagi Negara Indonesia sebanyak 10 ribu orang. Tambahan ini kemudian dibagi secara proposional ke 34 Provinsi se Indonesia. Kaltim mendapat jatah sebanyak 248 orang dan dibagi dua yang peruntukkannya bagi jamaah Lansia sebanyak 124 orang dan sisanya 124 kuota untuk calon jamaah haji regular nonlansia.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00