• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Parpol Ingin Jatah 9-10 Menteri, Jokowi: Enggak Apa, Wong Minta Saja

12 July
14:31 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Usai Pasangan Capres 2019-2024 Joko Widodo - KH Ma'ruf Amin ditetapkan secara resmi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sebagai pemenang Pilpres 2019, banyak Partai Politik (Parpol) koalisi mengajukan permintaan jatah menteri Kabinet Kerja Jilid II. 

Bahkan belakangan ini berkembang perbincangan di ranah publik dan politisi, ada Parpol yang meminta jatah 9-10 menteri. Hal ini ditanggapi Presiden Jokowi dengan santai. Menurutnya, tidak apa-apa jikalau memang ada seperti itu, selama masih dalam koridor permintaan.

“Mau minta 10, minta 11, mau minta sembilan, kan enggak apa-apa. Wong minta saja,” ujar Presiden Jokowi tersenyum kepada wartawan usai menghadiri Pembukaan Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2019, di Exhibition Hall A Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta Pusat, Jumat (12/7/2019).

Sebelumnya, Kepala Negara mengaku sudah memiliki gambaran mengenai nama-nama dan komposisi kabinet yang akan membantunya periode mendatang.

Untuk menjawab begitu masifnya perbincangan publik mengenai siapa yang akan duduk di jajaran kabinet kerja mendatang, Jokowi memastikan, kabinet itu nantinya berasal dari latar belakang Partai Politik (Parpol) dan Profesional. 

“Ya kira-kira 60:40 atau 50:50, kira-kira itu,” kata Presiden menjawab wartawan usai menghadiri Pembukaan Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2019, di Exhibition Hall A Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta Pusat, Jumat (12/7/2019).

Mengenai nama-nama yang masuk bursa dan kriteria untuk kabinet mendatang, Presiden mengaku sudah ada. Demikian pula blue printnya juga sudah ada. Dan Kepala Negara berjanji mengumumkan hal itu secepatnya.

Selanjutnya, Presiden juga memastikan, banyak menteri Kabinet Kerja Jilid I yang akan dipertahankan. Dan bagi siapa saja menteri yang terjerat kasus hukum, akan masuk pertimbangan.

Kemudian, mengenai menteri dari kalangan muda, Presiden Jokowi hanya meminta semua pihak menunggu saja nanti apa yang akan terjadi mendatang.

“Kalau tidak ada dari partai, kami cari profesional," tegas Jokowi mengenai calon menteri dari kalangan muda. (Foto: Setkab RI)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00