• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Dengar Curhat Anak Disabilitas, Menteri PPPA Minta Sekolah Tidak Tolak Anak Difabel

12 July
14:18 2019
0 Votes (0)

KBRN, Palembang : Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise, meminta agar setiap sekolah dapat menerima anak-anak berkebutuhan khusus. Himbauan ini disampaikan Yohana usai pertemuan dengan anak-anak penyandang disabilitas yang dikemas dalam kegiatan ‘Harmoni Suara Anak Penyandang Disabilitas’ di Palembang, Jumat (12/7/2019).

Dalam keterangannya kepada wartawan Yohana mengungkapkan, dirinya menerima banyak curahan hati dari para anak penyandang disabilitas yang tertuang dalam bentuk buku. Dari buku itu kemudian kementerian PPA akan melakukan kajian dalam mengeluarkan kebijakan untuk mengakomodir keinginan para anak penyandang disabilitas.

Salah satu kegelisahan yang masih dirasakan oleh anak disabilitas yakni terkait masih adanya penolakan di sejumlah sekolah bagi anak disabilitas. Terkait hal ini, Menteri Yohana meminta para kepala sekolah untuk menerima siswa berkebutuhan khusus seperti yang telah diatur dalam peraturan yang dikeluarkan oleh Pemerintah.

“Didalam sekolah ramah anak itu salah satu indikatornya adalah ramah disabilitas. Sekolah inklusif jangan sampai menolak anak-anak penyandang disabilitas karena tingkat intelektual mereka sama dengan anak yang lain,” ujar Yohana.

Selain pendidikan, Yohana juga menerima banyak permintaan dari para anak penyandang disabilitas terhadap fasilitas publik yang masih belum ramah disabilitas. Yohana pun meminta kepada semua pihak khususnya pemerintah daerah untuk memberikan fasilitas bagi para penyandang disabilitas.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00