• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Presiden Jokowi Siap Poles Goa Batu Cermin Jadi Destinasi Wisata Andalan

12 July
13:46 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah lama mendengar bagaimana destinasi wisata Goa Batu Cermin begitu masif diperbincangkan para netizen atau warganet. 

Berkaitan dengan itu, sebelum mengakhiri dua hari kunjungan kerja di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Presiden Jokowi bersama rombongan berkunjung ke kawasan Goa Batu Cermin di Desa Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Besar, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (11/7/2019).

Jokowi hendak melihat sendiri bagaimana keadaan di sana, sehingga nantinya bisa dijadikan acuan rencana pengembangan kawasan wisata Goa Batu Cermin.

Sekilas Goa Batu Cermin

Mengutip siaran pers Kementerian Pariwisata, goa ini pertama kali mendapat perhatian dunia pada 1951 berkat penelitian arkeolog sekaligus misionaris asal Belanda, Theodore Verhoven. 

Jutaan tahun lalu, posisi goa ini ada di bawah laut. Sempat ada pergeseran atau patahan lempeng bumi, lalu terjadi gempa, sehingga ada beberapa wilayah di Pulau Flores yang tenggelam. Ada beberapa juga yang bahkan naik ke permukaan, salah satunya adalah Goa Batu Cermin.

Jikalau ingin mengunjungi goa tersebut, pengunjung harus berjalan kaki terlebih dahulu sekitar 300 meter dari pintu masuk menuju Goa Batu Cermin.

Luas gaa ini 19 hektar, dan tingginya sekitar 75 meter. Sinar matahari masuk melalui dinding-dinding goa, dan memantulkan cahayanya di dinding batu sehingga merefleksikan cahaya kecil ke areal lain dalam goa sehingga terlihat seperti cermin.

Stalagtit dan stalagmit dalam gua terlihat berkilauan saat disinari cahaya senter maupun matahari. Kilauan ini disebabkan oleh kandungan garam di dalam air yang mengalir di saat turun hujan. Hal inilah yang membuat masyarakat sekitar menyebut wilayah ini dengan sebutan Goa Batu Cermin.

Presiden Jokowi Kembali ke Jakarta

Usai meninjau Goa Batu Cermin, Presiden beserta rombongan kembali ke Bandara Komodo untuk melanjutkan perjalanan ke Jakarta dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 14.30 WITA.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan ini antara lain Mensesneg Pratikno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi K. Sumadi, dan Gubernur NTT Viktor Laiskodat.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00