• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Dialog Kebangsaan RRI, Kemhan: Perangi Hoaks Bentuk Bela Negara

12 July
11:36 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bengkulu: Dirjen Potensi dan Pertahanan Kementerian Pertahanan (Pothan Kemhan), Bondan Tiara Sofyan menyampaikan bahwa memerangi hoaks merupakan salah satu bentuk bela negara.

Bondan menerangkan cara memerangi hoaks dapat dilakukan berbagai cara, salah satunya dengan berhenti meneruskan pesan yang belum terverifikasi kebenarannya. Untuk itu, diharapkan masyarakat  melakukan saring sebelum sharing.

"Kalau enggak jelas informasinya enggak usah diforward jadi saring sebelum sharing, kalau yakin benar baru di forward ke orang lain atau grup," katanya dalam Dialog Kebangsaan dengan tema 'Bela Negara, Indonesia Bersatu' di Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB), Jumat  (12/7/2019).

Selain itu, kata Bondan, memerangi hoaks juga dapat dilakukan dengan cara berhenti melakukan  perdebatan di whatsapp group dan jangan mudah terpancing jika ada informasi yang belum tentu  benar.

"Kalaupun tadi ternyata didalam diskusi di Whatsapp grup misalnya ketika keadaan mulai  meruncing karena ada suatu informasi hoaks, terus ngotot-ngototan enggak usahlah kita kepancing  dengan informasi yang tidak jelas," serunya.

Baca juga: Dirut: RRI Punya Tanggung Jawab Besar Lawan Hoaks

Mengikuti kata Direktur utama Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) M Rohanudin, ia menyebut masyarakat Indonesia harus selalu berbicara yang baik-baik.

"Kita tetap bersaudara, tetap sebangsa, senegara, setanah air, satu bahasa jadi yang merunncing yang jauh-jauh jangan diteruskan, kita adem-adem saja kita bicarakan yang baik-baik seperti yang disampaikan Pak Dirut," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00