• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Koperasi Melek IT dan Siap Songsong Era Industri 4.0 Jika Tidak Ingin Tergilas

12 July
10:46 2019
0 Votes (0)

KBRN, Mataram : Pelaku koperasi di Nusa Tenggara Barat (NTB) harus lebih kreatif dan terus berinovasi dalam menyongsong era industri 4.0. Kemajuan tekhnologi informasi (IT) juga harus dimanfaatkan secara maksimal agar koperasi bisa sejajar dengan lembaga keuangan lainnya.

“Inikan generasinya sudah beda. Jadi harus inovatif untuk menjangkau generasi milenial sehingga mereka paham bahwa koperasi itu apa dan untuk apa,” kata Gubernur NTB, Doktor Zulkieflimansyah, dalam peringatan Harkopnas ke-72 di Mataram, Jumat (12/7/2019).

Ia menegaskan bahwa era digital menjadi tantangan tersendiri bagi penggiat serta pengelola koperasi. Jika itu telah dilakukan maka koperasi akan terus menjadi sokoguru perekonomian masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah NTB Lalu Saswadi menjelaskan, gerakan koperasi merupakan gerakan masyarakat yakni dari dan untuk anggota sendiri.

“Koperasi kita disini sangat banyak dan berjalan dinamis. Tapi pengurus dan anggotanya harus memahami kondisi yang terjadi saat ini. Selama inikan banyak dibantu dan didukung tapi sekarang ini jaman kreativitas sehingga harus bisa berkreasi agar tidak tergilas,” tandasnya.

“Sekarang jaman IT, maka pengelolanya harus belajar IT. Dan jangan hanya terfokus pada kegiatan usaha simpan pinjam,” tambahnya.

Menurut Saswadi, pengelola koperasi di era industri 4.0 ini harus keluar dari zona aman dengan hijrah ke kegiatan serba usaha maupun berwirausaha bisnis secara langsung.

“Itupun pemasaran produknya dilakukan melalui digital. Sehingga koperasi harus demikian dengan memanfaatkan peluang yang ada,” urainya.

Pelatihan dan pembinaan terhadap pengelola koperasi optimal dilakukan. Selain itu juga ada pendampingan yang dilakukan di setiap kabupaten bagi gerakan – gerakan koperasi.

Karenany di Hari Koperasi Nasional tanggal 12 Juli 2019, koperasi di daerah ini agar melek IT, berani hijrah untuk membuka peluang usaha lainnya bagi ketahanan ekonomi baik anggota dan juga masyarakat.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00