• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

Program Global Qurban ACT, Targetkan 100 Ribu Hewan Qurban

12 July
01:55 2019
0 Votes (0)

KBRN, Semarang : Menjelang Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah, program Global Qurban 2019 resmi diluncurkan dengan mengangkat tema “Dermawan Berqurban, Berkahnya Bahagiakan Dunia”. Program ini dimaksudkan, Idul Adha bukan saja bermakna penyembelihan hewan qurban, namun dapat bernilai ekonomi dan pemerataan distribusi daging bagi masyarakat.

“Ibadah kurban bukan sekadar aktivitas penyembelihan hewan, namun kurban memiliki dimensi aktivitas ritual ibadah, syiar dakwah Islamiyah, kebermanfaatan sosial, serta pemberdayaan ekonomi masyarakat dalam penyediaan dan pendistribusian hewan kurban,” kata Hafit T. Mas’ud, selaku Presiden Global Qurban, di Desa Sambong, Kecamatan Sambong Kabupaten Blora, Jumat (12/7/19).

Dalam rangkaian pelouncuran kegiatan kali ini, para dermawan, mitra, komunitas diajak melihat langsung proses Global Qurban merawat dan mendistribusikan hewan qurban. Salah satunya dengan mengunjungi Lumbung Ternak Wakaf (LTW) di Desa Sambong, Blora yang dikelola oleh masyarakat dan petani sekitar.

“Kami mengajak sahabat-sahabat dermawan semua untuk merasakan langsung pengalaman sebelum dan saat berkurban, ikut terjun mengetahui setiap proses persiapan implementasi kurban, melihat kualitas ternak dan kesiapan Global Qurban untuk meluaskan manfaat dari ibadah yang sangat dianjurkan,” imbuhnya. 

Lebih lanjut Hafit menceritakan, pada implementasi program Global Qurban 2018 di Desa Nanggela, Tana Toraja misalnya. Saat itu, masyarakat setempat mengaku ada yang sejak 50 tahun lalu tidak pernah merasakan daging kurban. Pemotongan hewan kurban dari Global Qurban merupakan pengalaman perayaan Lebaran Kurban pertama bagi masyarakat sekitar.

Sejalan dengan itu, Vice President ACT Ibnu Khajar menambahkan, program “Dermawan Berqurban, Berkahnya Bahagiakan Dunia” hadir karena ACT meyakini Indonesia masih dipenuhi oleh masyarakat yang memiliki jiwa dermawan. Ditambahkan, Global Qurban terus meningkatkan jejaring kemitraan yang artinya menambah lagi opsi kemudahan berkurban.

“Ditargetkan, untuk tahun ini menyalurkan 100.000 kurban setara kambing yang akan menyasar kembali 34 provinsi di Indonesia dan menjangkau 50 negara, serta menyapa 7.500.000 penerima manfaat warga prasejahtera, wilayah konflik, dan bencana,” tegasnya.


tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00