• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

Tak Lolos Seleksi Calon Pimpinan KPK, Pigai: Ada Apa dengan Pansel?

11 July
23:47 2019
1 Votes (4)

KBRN, Jakarta : Mantan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai meminta Panitia Seleksi (Pansel) calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk membuka informasi tentang kekurangan berkas yang sudah dia sampaikan.

Hal itu dimintanya karena dia sudah dipastikan tidak lolos tahapan seleksi administrasi. Sebab Pigai tidak ada dalam daftar 192 ‎calon pendaftar capim KPK yang lolos dalam seleksi administrasi.

“Tolong tunjukan dokumen atau berkas apa yang tidak lengkap," desaknya melalui keterangan yang diterima Radio Republik Indonesia, Kamis (11/7/2019).

Lebih lanjut Pigai menilai putusan yang diambil oleh Yenti Garnasih dan kawan-kawan itu sebagai langkah yang sangat aneh. Sebab menurut dia, Pansel malah meloloskan salah satu mantan Komisioner Komnas HAM. Padahal berdasarkan hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pada tahun 2016 lalu, Pigai tergolong bersih. 

"Aneh teman saya mantan Komisioner Komnas HAM yang sarjana agama lolos. Hasil pemeriksaan  BPK 2016, komisioner yang bersih atau tidak ada namanya dalam laporan pemeriksaan BPK cuma saya Natalius Pigai, yang lain pernah diperiksa Polda Metro Jaya terkait (dugaan) korupsi tersebut," sesalnya.

Pigai pun menduga kalau Pansel tak meloloskan dia karena ada skenario melemahkan lembaga anti rasuah dalam memberangus korupsi.

"Ada apa dengan Pansel yang dipimpin Yenti Garnasih? Dengan ini apakah saya tidak lolos atau pesanan dan kebencian terhadap saya? Atau skenario melemahkan KPK? Kita akan lihat ke depan," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00