• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

Indonesia Ciptakan Momentum Pasifik Melalui Pacific Exposition 2019

11 July
23:43 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : "Atas prakarsa Indonesia, "Pacific Exposition 2019" akan diselenggarakan pada tanggal 11-14 Juli 2019 di Auckland, Selandia Baru.

“Forum Pasifik ini adalah yang pertama kali dilakukan. Kita membangun momentum keterikatan satu sama lain dan persaudaraan dengan sesama negara dan teritori Pasifik.” demikian disampaikan Menlu RI Retno L.P. Marsudi, Kamis (11/7/2019).

"Pacific Exposition 2019" juga bertujuan untuk mempercepat peningkatan kerja sama kawasan bidang ekonomi, pariwisata dan budaya. 

Forum ini merupakan kerja sama dengan Australia dan Selandia Baru dan akan dihadiri oleh seluruh 20 negara dan teritori di Pasifik Selatan.

Pacific Exposition akan diisi dengan Forum Pariwisata (11 Juli), Forum Bisnis dan Investasi (12 Juli), Forum Budaya Pasifik (13 Juli) dan Festival Seni dan Budaya Pasifik (12 -14 Juli) serta diakhiri oleh konser besar Sound of the Pacific (13-14 Juli).

Pacific Exposition 2019 akan dibuka oleh Menlu Retno bersama dengan Menlu Australia dan Menlu Selandia Baru pada tanggal 12 Juli 2019.

Pertemuan ini juga akan dihadiri oleh sejumlah menteri RI, yaitu Menko PMK, Menpar, Mendikbud, Menteri BUMN, dan anggota-anggota DPR-RI serta Kepala BKPM.

Turut berpartisipasi adalah pejabat tinggi daerah Papua, Papua Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, dan Maluku Utara. Berbagai institusi terkait dan parlemen negara Pasifik yang menangani bidang pariwisata, kebudayaan, dan perdagangan juga mendukung kegiatan ini, termasuk dari Indonesia yaitu Kemkominfo RI, Bekraf RI, dan BNP2TKI.

“Ini wujud konkrit arahan Presiden untuk meningkatkan interaksi aktif dengan negara dan teritori di Pasifik” jelas Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru merangkap Kerajaan Tonga dan Samoa, Tantowi Yahya.

Lebih dari 100 perusahaan akan ikut dalam Forum Bisnis dan Investasi Pasifik untuk memanfaatkan potensi ekonomi kawasan dengan GDP US$ 2,6 trillun dan 300 juta penduduk. Beberapa perusahaan Indonesia antara lain Pertamina, Inalum, Garuda Indonesia, Telkomsel, serta BUMN perbankan.

Pada Forum Pariwisata Pasifik, ratusan pelaku bisnis termasuk yang bergerak di bidang infrastruktur, komunikasi dan tour operator juga berkumpul untuk membahas jaringan kerja sama membentuk One Pacific Destination di kawasan Pasifik. 

Sementara dalam Forum Kebudayaan Pasifik, Indonesia mengajak negara dan teritori Pasifik untuk bekerja sama dalam memelihara warisan budaya dan mempromosikan identitas Pasifik yang belum dikenal secara global.

Penari dan musisi terkenal Indonesia seperti Glen Fredly, Ivan Nestorman, serta kelompok musik Papua Originals bersama dengan para artis ternama kawasan Pasifik seperti Swiss (Tonga), Mr. Cowboy/Sam Chookon (Samoa), Ellaphon (Selandia Baru) dan Erakah (Fiji) juga akan memperlihatkan talentanya dalam konser Sound of the Pacific, yang akan dihadiri oleh ribuan pengunjung masyarakat asal negara dan teritori Pasifik. (Rilis Kemenlu RI)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00