• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Ponpes Al Musri Apresiasi Kunjungan Raja Galuh Pakuan dan Staf Presiden

11 July
21:52 2019
1 Votes (5)

KBRN, Subang : Kunjungan singkat Raja Lembaga Adat Karatwan (LAK) Galuh Pakuan Rahyang Mandalajati Evi Silviadi bersama Staf Presiden Bidang Komunikasi Politik Ariyani Djalal ke Pondok Pesantren Al-Musri Tanjungsiang Subang, beberapa waktu lalu, memberikan kesan tersendiri bagi Pimpinan Ponpes Al-Musri KH. Opick. Menurut dia, kunjungan itu memiliki makna, adanya kepedulian yang tinggi dari pemerintah pusat terhadap Pondok Pesantren.

Salah satu pesan yang dibawa dalam kunjungan itu kata Opick, ada keinginan dari Raja Galuh Pakuan Rahyang Mandalajati Evi Silviadi dan Staf Presiden Ariyani Djalal ibahwa Ponpes harus lebih maju melalui program pemberdayaan santri melalui pelatihan. Agar kemampuan yang dimiliki santri nantinya dapat menjadikan ponpes dan para santri bisa lebih mandiri, sekaligus memiki daya saing di era globalisasi.

"Alhamdulillah, kami sangat senang mendapatkan kunjungan Kang Raja dan Bu Ariyani ke sini, meski waktu itu kunjungannya sangat singkat, tetapi cukup memberikan motivasi tersendiri bagi ponpes kami ini, mudah-mudah saja bisa kembali berkunjung ke sini," ujar KH. Opick kepada wartawan di Subang, Kamis (11/7/2019).

Dari kesempatan yang singkat itu dikatakan Opick, pihaknya juga sempat mengajukan bantuan kepada Pemerintah Pusat melalui Raja Galuh Pakuan dan Staf Presiden itu. Pihaknya berharapkan adanya bantuan pelatihan kewirausahaan agar ponpes Al-Musri, bisa lebih berkembang dalam produksi kopi Subang.

"Kami menyampaikan usulan, agar ponpes kami mendapatkan bantuan dari Bapak Presiden Jokowi, yang memiliki cita-cita memproduksi kopi Subang," terangnya.

Diakuinya, kekurangan yang dialami Ponpesnya itu dalam memproduksi kopi itu, selain ketrampilan dan pengetahuan para santri yang terbatas. Selain itu juga minimnya sarana dan prasarana prosuksi kopi yang dimiliki, baik yang konvensional maupun yang modern.

"Kedepan kami akan lebih meningkatkan kerjasama dengan masyarakat dan petani kopi, yang ada di wilayah selatan, untuk menambah wawasan dan khasanah kopi lokal Subang, yang bisa di pasarkan hingga ke tingkat nasional dan internasional, yamg tentunya butuh dukungan dari hilir sampai hulu," pungkas Opick.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00