• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

Aplikasi Gaul iB Mengajak Generasi Milenial Berinvestasi untuk Masa Depan

11 July
18:04 2019
2 Votes (5)

KBRN, Bekasi : Kompartemen Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS) Asosiasi Bank Syariah Indonesia (Asbisindo), hari Senin (8/7/2019) kemarin telah meluncurkan tabungan digital yang diberi nama Gaul iB. 

Gaul iB yang  diluncurkan di Bogor Jawa Barat ini, merupakan singkatan dari Gerakan Menabung Milenial Islamic Banking.

Melalui aplikasi yang bisa di unduh pada Play Store Android ini masyarakat bisa memiliki akun BPRS tanpa harus repot datang ke kantor cabang. 

"Kami menyasar generasi milenial, sebab mereka nanti yang akan mengambil alih pergerakan ekonomi, politik dan sosial. Tahun depan, kita akan mulai merasakan adanya bonus demografi, dimana angka penduduk produktif usia 15 hingga 34 tahun jumlahnya cukup signifikan," ujar Ketua Umum Kompartemen BPRS DPP Asbisindo, Cahyo Kartiko, di Bekasi Kamis (11/7/2019).

Cahyo yang juga Dirut Bank Syariah Artha Madani tersebut menjelaskan, di aplikasi Gaul iB terdapat beberapa pilihan untuk investasi. Seperti untuk membeli rumah, kendaraan, membeli gadget hingga investasi untuk perencanaan menikah.

"Saat ini ada beberapa aplikasi, namun lebih banyak untuk transaksi yang sifatnya konsumtif. Kalau di Gaul iB ini generasi milenial diarahkan untuk merubah pola konsumtif menjadi investasi. Tentunya di BPRS ini ada akad mudharabah mutlaqah, atau bagi hasil yang menguntungkan," terangnya

Gaul iB sendiri lanjut Cahyo pertama kali di ujicobakan di wilayah Jawa Timur. Diharapkan pada 2020 mendatang, tabungan digital ini bisa mulai dimafaatkan masyarakat Indonesia secara menyeluruh. 

"Gaul iB ini merupakan produk nasional yang nantinya akan terhubung dengan seluruh BPRS yang jumlahnya mencapai 165. Saat ini baru Jawa Timur saja yang sudah siap," katanya.

Targetnya tahun depan semua BPRS sudah terhubung, karena pemakaian aplikasi ini harus izin Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan BPRS yang bersangkutan juga harus mencantumkan penggunaan aplikasi ini pada RBB atau Rencana Bisnis Bank.

"Rencananya pada pertengahan tahun ini sudah kami cantumkan di RBB, supaya tahun depan semua BPRS sudah bisa menggunakan aplikasi Gaul iB," kata Cahyo.

"Untuk menarik minat, kami juga berencana memberikan hadiah bagi pemilik tabungan digital Gaul iB. Seperti  kendaraan, umroh dan rumah. Tapi itu hadiah yang akan di undi untuk periode tertentu," tutupnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00