• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

Tingkatkan Ekspor Jagung, Kementan Gunakan Teknologi Sistem Android

11 July
16:59 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bogor : Kementrian Pertanian terus Upaya peningkatan produktifitas jagung berkualitas ekspor dari petani di seluruh Indonesia berlangsung dari Kementrian Pertanian.

Bentuk upaya itu dengan adanya penggunaan teknologi bersistem Android untuk memantau perkembangan pertumbuhan tanaman jagung.

Pembuat Sistem Aplikasi Android Kementrian Pertanian M Azrai mengungkapkan banyak manfaat yang didapatkan petani dalam menggunakan sistem android itu untuk mengetahui pola tanam secara mendetail.

Sistem ini bisa merekam data di dalam telepon genggam yang biasa digunakan untuk berkomunikasi sehari – hari, sehingga praktis dalam menggunakan data sistem pertanaman.

Petani juga menyiapkan perencanaan masa tanam untuk mendapatkan hasil produktifitas optimal terutama untuk kualitas ekspor Jagung yang sangat diminati berbagai negara untuk sejumlah kebutuhan pangan.

“Sistem bisa digunakan dengan praktis mudah dan efisien dari Petani untuk meningkatkan produksi Jagung mereka untuk di Ekspor, karena dengan HP mereka bisa melihat sendiri perkembangan pertumbungan tanamanan,” katanya di Balai Penelitian dan Pengembangan Tanamanan Pangan Bogor, Kamis (11/7/2019).

Sistem pangan Jagung berbasis Android ini sudah pernah diujicobakan untuk pengelolaan lahan pertanian di Kediri yang mencapai titik tertinggi dengan adanya pemantauan data pertanian secara menyeluruh.

Kemudian Kementrian Pertanian saat ini terus melakukan sosialisasi kepada semua petani untuk menggunakan program itu untuk menjadi basis data pengembangan pertanian Jagung sehingga pemetaan secara nasional mendapatkan gambaran menyeluruh tentang varietas unggul komiditas tersebut.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00