• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sorotan Kampus

PJKR Kurang Peminat, Hasil SBMPTN Unsil Tidak Capai Kuota

11 July
00:19 2019
0 Votes (0)

KBRN, Tasikmalaya : Universitas Negeri Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya, Jawa Barat, menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang banyak mendapat perhatian calon mahasiswa terutama di Priangan Timur.

Pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019, sedikitnya 17.369 lulusan SMA berebut mendaftar ke Unsil.

Wakil Rektor 1 Unsil Tasikmalaya Deden Mulyana mengungkapkan, peminat masuk Unsil pada tahun ini menurun di banding sebelumnya yang mencapai 18.000 orang.

"Unsil tetap menjadi favorit calon mahasiswa di Priangan Timur meski tahun ini animonya turun," kata Deden kepada Radio Republik Indonesia RRI, Rabu (10/7/2019).

Pada penerimaan mahasiswa baru tahun ini, Unsil memiliki kuota penerimaan 60 persen jalur SBMPTN, dari total penerimaan mahasiwa baru sebanyak 2.860 mahasiswa.

"Yang lolos SBMPTN 1.533 orang atau 8, 8 persen. Jumlah ini masih kurang dari 60 persen jumlah kuota yang disediakan. Terutama jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (PJKR)," ujarnya.

Namun tidak hanya menerima calon mahasiswa baru melalui SBMPTN, Unsil juga membagi seleksi penerimaan melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sebanyak 20 persen dan seleksi mandiri sebanyak 20 persen.

"SNMPTN sudah dilakukan, untuk seleksi mandiri saat ini tengah berjalan hingga tanggal 13 Juli mendatang," jelas Deden.

Sementara itu hasil evaluasi Unsil kata Deden, jurusan favorit yang banyak diminati calon mahasiswa adalah Prodi Manajemen dan Kesehatan Masyarakat.

"Ada yang berubah, Kesehatan Masyarakat pada tahun ini paling banyak diminati setelah Prodi Manajemen," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00