• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

Dompet Dhuafa Target Salurkan 30 Ribu Hewan Kurban di Idul Adha 1440 H

10 July
20:58 2019
0 Votes (0)

KBRN, Cianjur : Jelang satu bulan menuju Idul Adha 1440 H, Dompet Dhuafa menargetkan untuk menyalurkan 30.000 ekor hewan kurban kambing dan domba pada Tahun 2019 yang disebar ke dalam dan luar negeri. Melalui program Tebar Hewan Kurban (THK), Dompet Dhuafa memastikan pasokan hewan kurban, standar kualitas hewan kurban, hingga harga hewan kurban yang terjangkau.

Dompet Dhuafa berkomitmen bermitra dengan para Kelompok Ternak binaannya untuk menjaga kesehatan ternak dan kualitas ternak, memastikan penyaluran hewan kurban secara tepat, serta mendorong perekonomian para peternak kecil melalui kemitraan THK Dompet Dhuafa.

"Kita menargetkan tahun ini 30.000 kambing dan domba, nanti kita liat realisasinya, kalau tahun lalu 17.000 hewan kurban realisasi yang disalurkan, penyaluran semua di luar Jakarta, pengadaan hewan kurban memenuhi standar, kualitas, kesehatan, bermitra dengan peternak lokal," ungkap Manager Progam Ekonomi Dompet Dhuafa, Kamaludin di Desa Cikondang, Cibeber, Cianjur, pada Rabu (10/7/2019).

Penyaluran hewan kurban bekerjasama dengan para mitra Dompet Dhuafa yang tersebar di 21 Provinsi, dengan 3 zonasi pendistribusian. Para mitra ini melakukan pendataan, pemotongan hingga mendistribusikan kepada masyarakat yang berhak menerima daging hewan kurban.

"Kita membangun kemitraan, mitra mitra yang ada di daerah, sehingga distribusi itu bisa tersebar merata, kita membagi 2 zonasi dalam distribusi, zona timur, tengah, dan barat, tahun ini ada 21 provinsi penyaluran, tahun lalu 17 provinsi," kata Kamaludin.

Dalam Tebar Hewan Kurban tahun 2019 yang diselenggarakan di Desa Cikondang, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur, Dompet Dhuafa mengajak wartawan, blogger, dan masyarakat untuk menjadi mengetahui dan menjadi saksi dalam persiapan penyaluran hewan kurban.

Selain managemen pendistribusian, peternakan dan pemeliharaan hewan kurban hingga kemitraan dengan peternak kecil lokal (plasma) juga diinformasikan sebagai pertanggung jawaban Dompet Dhuafa. Dompet Dhuafa terus berkomitmen melakukan upaya pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan ekonomi masyarakat kecil di pelosok desa.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00