• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sosok

26 Tahun Menabung, Pedagang Bakso Bakar di Kendari Bisa Naik Haji

10 July
14:34 2019
0 Votes (0)

KBRN, Kendari: Keinginan pasangan suami Istri Samsul Irawan dan Jumatiah untuk menunaikan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah tinggal selangkah lagi segera terwujud. Warga Jalan Bunga Duri, Kelurahan Lahundape, Kota Kendari ini sudah terdaftar sebagai calon Jemaah Haji asal Sulawesi Tenggara yang tergabung dalam kloter 23 yang berangkat pada 22 Juli 2019. 

Samsul Irawan dan Jumiati merupakan pedagang bakso bakar yang biasa berjualan di pintu Mesjid Al Alam Kota Kendari. Mereka berjualan setiap sore hari dikala pengunjung sedang ramai. 

Jumriati mengaku niatnya untuk menuaikan Ibadah Haji sudah terbesit sejak 26 tahun silam. Ketika itu dirinya masih menjadi pedagang kue keliling yang dititip dari warung ke warung. Setiap keuntungan yang diperoleh disisipkan sedikit demi sedikit untuk tabungan haji. 

Pada tahun 2011 dirinya bersama suami lalu memberanikan diri untuk mendaftar sebagai calon jemaah haji. Setelah menunggu selama delapan tahun lamanya,  akhirya pasangan yang sudah dikarunia empat orang anak ini mendapat gilirian untuk berangkat Haji.

“Iya berangkat tanggal 22 Juli. Iya mengumpul sedikit sedikit begitu. 10 ribu, 20 ribu, 50 ribu kalau lagi banyak,” Tutur Jumatiah saat ditemui di lapaknya, Rabu (10/7/2019).

Jumatiah menambahkan, sebelum berangkat Haji, dirinya bersama suami sudah melakukan berbagai persiapan mulai dari persiapan manasik haji, mempelajari amalan-amalan di Mekkah, termasuk persiapan fisik dan mental. 

Menurutnya, keinginan untuk berhaji semata-mata dilakukan untuk melakukan ibadah. Meski hanya berprofesi sebagai pedagang kecil menurut Jumatiah, jika dilandasi niat dan keyakinan yang besar maka apa yang dicita-citakan bisa terwujud.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00