• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Mitigasi Bencana

SAR Kendari Naik Tipe, Peralatan dan Personel Ditambah

10 July
13:09 2019
0 Votes (0)

KBRN, Kendari: Kepala Badan Pencarian dan Pertolongan Republik Indonesia, Marsekal Madya Bagus Puruhito, berjanji akan menambah sejumlah peralatan Basarnas hingga personil untuk Kantor SAR Kendari seiring dengan naiknya status dari tipe B menjadi tipe A.

Pernyataan itu disampaikan Kabasarnas saat mengunjungi Kantor SAR Kendari sekaligus memberika pengarahan kepada seluruh personil SAR di Kendari.

Menurutnya, dengan naiknya status kantor SAR Kendari  maka seluruh kelengkapan yang dimiliki juga harus ditambah, baik helikopter hingga armada laut dan darat.

“Kendari adalah Kantor SAR dengan tipe B, sedangkan ini sudah ditingkatkan dan sudah ada keputusannya menjadi tipe A, tentunya akan dibarengi dengan penambahan personil, demikian juga dengan peralatannya tidak hanya helikopter karena disini perairannya cukup luas dan kebanyakan kejadian diperairan cukup banyak di sini,” ungkap Marsekal Madya Bagus Puruhito kepada wartawan di Kendari, Rabu (10/7/2019).

Kabasarnas Marsekal Madya Bagus Puruhito juga mengaminkan untuk penambahan Pos SAR di beberapa daerah kabupaten di Sultra yang dianggap rawan terhadap bencana.

“Salah satunya di Konawe dan Konawe Utara karena kita melihat disitu bebrapakali bencana terjadi,”pungkasnya.

Perwira tinggi TNI dari Angkatan Udara itu juga mengakui Potensi kerawanan terhadap bencana alam di bumi anoa Sultra cukup banyak, seperti wilayah kepulauan termasuk daratan. Sehingga dirinya optimis jika dengan dukungan peralatan hingga penambahan personil maka semua potensi kerawanan tersebut dapat teratasi.

Ditempat yang sama, Kepala Kantor SAR Kendari, Djunaedi mengungkapkan kondisi Kantor SAR Kendari dengan luasnya daerah kerjanya membutuhkan kelengkapan peralatan yang memadai sehingga cepat, tanggap darurat bencana terpenuhi, termasuk peningkatan status unit SAR Sorowako menjadi Pos Sar.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00