• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Museum Islam Samudera Pasai Koleksi Ratusan Benda Bersejarah

9 July
20:12 2019
1 Votes (5)

KBRN, Lhoksukon : Museum Islam Samudra Pasai, yang berada di Gampong Beuringen, Kecamatan Samudera, Kabupaten Aceh Utara, memiliki Koleksi ratusan benda bersejarah Kerajaan Islam Samudra Pasai.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Aceh Utara, Saifullah melalui Kebid Kebudayaan Nurliana menyebutkan, sejauh ini koleksi benda bersejarah Kerajaan Islam Samudra Pasai ada sekitar 340, terbagi dalam empat kelompok, yaitu filologika, etnografika, numismatika dan historika.

"Kita meminta kepada masyarakat atau siapa saja yang memiliki benda-benda yang dikategorikan benda bersejarah peninggalan kuno bisa disimpan di Museum dan akan dijaga  dan dirawat oleh petugas dengan baik,” kata Nurliana, Selasa (9/7/2019).

Ditambahkan, Jika ada masyarakat memiliki barang atau benda peninggalan sejarah yang disimpan dirumah dan tidak mau di koleksi di Museum, pihaknya akan ganti rugi kepada pihak bersangkutan, karena membeli barang (koleksi sejarah) itu tidak dibolehkan dalam aturannya.

“Pada saat para wisatawan yang berkunjung ke Museum Samudra Pasai, bisa melihat langsung benda-benda sejarah, seperti yang sudah ada saat ini diantaranya perhiasan, peralatan rumah tangga, peralatan pertanian, senjata tradisional, alat musik etnik, buku-buku dan kitab karangan ulama abad pertengahan," terangnya.

Disebutkan, Museum ini akan di jadikan tempat wadah edukasi dan kekedepan akan dilakukan pembenahan baik berupa infrastruktur jalan menuju museum maupun segi lainnya dan akan membuat museum ini lebih dikenal lagi oleh masyarakat luas tentang situs sejarah Samudra Pasai.

“Dalam waktu dekat kami akan menjalankan program belajar bersama di museum,  museum masuk sekolah untuk mensosialisasi tentang sejarah kepada siswa dipedalaman  Aceh Utara, serta akan memilih duta Museum sehingga mereka bisa menyampaikan kepada generasi muda,” pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00