• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

DPRD Kalteng: Budaya Dayak Harus Diprioritaskan di Daerah

9 July
17:55 2019
0 Votes (0)

KBRN, Palangka Raya : Budaya asli Dayak Kalimantan Tengah harus tetap diprioritaskan dan dipertahankan, seiring dengan penetrasi budaya luar yang kian deras. Terlebih dengan isu pemindahan ibukota RI ke Kalteng, masyarakat dan pemangku kepentingan harus serius merancang strategi mempertahankan budaya lokal.

Kepada sejumlah wartawan, salah satu anggota Komisi C DPRD Kalteng Elisa Lambung, Selasa (9/07/2019) mengatakan, pemerintah dan masyarakat Kalteng haruslah responsif terhadap budaya yang masuk dari luar ditambah lagi isu pemindahan ibukota ke Kalteng yang kian santer.

Semua pihak kini harus memprioritaskan budaya dan kearifan lokal Dayak agar tetap menjadi tuan di rumah sendiri. Pemerintah Daerah diminta untuk terus menerus melakukan pembinaan dan menambah anggaran untuk menunjang kesenian daerah. Anggota dewan memandang perlunya sinergi sehingga budaya asli daerah terutama kesenian budaya dayak harus ditonjolkan.

“Budaya Dayak Kalteng harus tetap dipertahankan agar nantiya tidak menjadi terasing di rumahnya sendiri. Kalteng harus mencontoh budaya betawi yang tetap eksis walau arus budaya luar masuk bertubi tubi ke Jakarta," tukasnya.

Lebih jauh, Elisa mengungkap, wacana pemindahan ibukota RI ke Kalteng akan menjadi tantangan tersendiri bagi kebudayaan Dayak Kalteng. Sudah pasti jika rencana ini dipastikan, budaya dayak akan dihadapkan dengan berbagai budaya yang bermacam macam dan saling mempengaruhi. Untuk perkuatan terhadap kebuayaan Kalteng harus dimantabkan sedari kini.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00