• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Museum Islam Samudra Pasai di Aceh Utara Diresmikan

9 July
15:43 2019
0 Votes (0)

KBRN, Lhoksukon : Bupati Aceh Utara H Muhammad Thaib (Cekmad) meresmikan gedung Museum Islam Samudra Pasai, yang berada di Gampong Beuringen, Kecamatan Samudera, Kabupaten Aceh Utara. Selasa (9/7/2019).

Peresmian gedung yang di bangun tahun 2011 lalu, dilakukan dengan propsesi gunting pita dan menandatangani prasasti oleh Bupati Cekmad didampingi Wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf (Sidom Peng), Sekda Abdul Aziz, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Saifullah.

Selain itu juga dihadiri dan disaksikan Center of Information for Samudra PasaiHeritage (Cisah), Masyarakat Peduli Sejarah Aceh (Mapesa), perwakilan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Jakarta, unsur Forkopimda, mahasiswa, serta sejumlah tokoh masyarakat.

Bupati Aceh Utara Aceh Utara, H Muhammad Thaib dalam kata sambutannya menyebutkan, pembangunan gedung Museum Islam Samudra Pasai dengan dana APBD Aceh Utara. Sebelum pembangunan telah dilakukan pengajian oleh pihak terkait, sehingga dikawasan ini dinilai sangat layak dibangun .

“Museum ini diambil dari nama  kerajaan islam pertama di Nusantara yang berada di pesisir pantai Utara Sumatera tepatnya di wilayah Kabupaten Aceh Utara yaitu kerajaan samudera pasai,” teranngya.

Selain itu Bupati mengharapkan kepada dinas terkait (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan) dan masyarakat agar dapat menjaga dan merawat cagar budaya tersebut dengan sebaik-baiknya, karenasitus sejarah itu bukan milik pemerintah atau suatu kelompok, tapi milik bangsa,sehingga harus dilakukan secara maksimal,

“Ke depan infrastruktur jalan menuju Museum Islam Samudra Pasai perlu dibenahi yaitu pengerasasan dan pengaspalan, supaya ketika ada tamu dari luar untuk mengunjungi museum bisa dilalui dengan nyaman,” pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00