• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kilas Bola

Menjamu PSIS Semarang, Borneo FC Bakal Lakukan Rotasi Pemain

9 July
15:32 2019
0 Votes (0)

KBRN, Samarinda: Sebagai tuan rumah Borneo FC optimis meraih 3 poin dikandang saat menjamu PSIS Semarang di Stadion Segiri Samarinda pada Rabu (10/07/2019) pukul 19.30 Wita, dalam laga pekan ke-7 Liga 1 Indonesia musim 2019. Pertandingan ini menjadi laga yang cukup padat dan minim persiapan, mengingat kedua tim sama-sama baru saja bertanding belum lama ini.

Sebagai tim tamu, PSIS Semarang atau yang biasa di juluki sebagai Laskar Mahesa Jenar, datang dengan membawa 17 pemainnya. Jafri Sastra Sebagai pelatih Kepala mengatakan, persiapan saat ini sangat minim. Bagaimana tidak, hanya ada waktu satu hari untuk recovery sekaligus persiapan dalam menghadapi Borneo FC. Mengingat apa lagi pemain intinya banyak yang absen dalam laga kali ini.

"Sama memiliki waktu istirahat yang cukup sedikit, kondisi sama, tapi yang membedakan Borneo tidak kemana-mana, dan kami harus berangkat. Semoga apa yang kami rencanakan bisa berjalan lancar, dan dipertandingan nanti kami mengalami beberapa kendala, diantaranya 7 pemain yang biasa menjadi stater tidak berangkat, karena ada yang cedera, sakit, dan akumulasi kartu. Tapi dengan kondisi apapun, siapapun yang main mereka harus siap. Prinsip kita juga, tidak ada pemain inti atau cadangan, semua adalah pemain inti. Kondisi apapun, pemain harus menjalankan dan memberikan kontribusi maksimal di lapangan," jelas Jafri Sastra, Selasa (09/07/2019).

Menghadapi Borneo FC, Jafri memberikan lampu kuning kepada seluruh pemainnya agar menjaga ketat seluruh pemain lawan. Jafri pun berharap pemainnya bisa bermain kolektif dan atraktif agar tidak terpengaruh dari segala tekanan pemain maupun pendukung tim kandang. 

Sementara itu tim tuan rumah, Pelatih kepala Borneo FC, Mario Gomez, mengatakan timnya kini berfokus pada laga kali ini, usai tersingkir dibabak semifinal Piala Indonesia kontra Persija. Karenanya bagi Gomez, laga nanti anak asuhnya wajib mendapatkan poin di kandang.

"Tim kita siap karena semifinal Piala Indonesia sudah selesai, dan kita harus meraih kemenangan besok. Lawan kita adalah PSIS Semarang tim kuat, tapi tetap kita harus mendapatkan tiga poin kandang," jelasnya

Dengan mepetnya jadwal tanding, tentu Gomez bersama tim pelatih harus terus memutar otak untuk menetapkan strategi dan pemain terbaik untuk laga besok. Apalagi, beberapa pemain ada yang cedera, seperti Jan Lammers dan Ichsan Kurniawan, dan juga mempertimbangkan faktor kelelahan para pemainnya yang baru saja bertanding. 

Karenanya, Gomez terus merotasi pemain-pemain yang menurutnya dalam kondisi fit dan fresh untuk tampil dalam laga nanti.

"Ya kita punya Ichsan dan Jan masih cedera dan beberapa lainnya istirahat, jadi kita akan melakukan rotasi dengan pemain yang lebih segar karena harus seimbang. Besok ada beberapa yang tidak bermain dari pertandingan terakhir, jadi sedikit lebih fresh mereka akan tampil besok," tambahnya.

Melakukan rotasi pemain dan mungkin akan mengganti beberapa pemain inti, Gomez berpendapat bukan berarti meremehkan PSIS. Malah menurutnya ini lebih baik, dimana dengan menurunkan pemain fresh, akan lebih maksimal dalam mengimplementasikan taktik dan penampilan timnya. 

"Tidak meremehkan PSIS, mereka tim kuat, tapi jika pemain yang sudah tampil 90 menit di pertandingan sebelumnya, dibandingkan dengan pemain lain yang lebih segar (belum tampil), tentu saya memilih pemain yang belum tampil sebelumnya," ucapnya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00