• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Feature

Eksotisnya Pantai Menawan di Ujung Jawa

8 July
10:34 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Jepara adalah sebuah kota yang ada ujung utara di Provinsi Jawa Tengah. Kota yang dikenal dengan kerajinan seni ukiran yang khas dan indah. Tapi siapa sangka jika ternyata Jepara juga memiliki wisata alam banyak dan terkenal yang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya tempat wisata yang terkenal tersebut adalah Pantai Kartini.

Kebetulan kuliah libur setelah berpusing mengerjakan UAS, jadi saya bisa berlibur ke Jepara. Lumayan refreshing sebentar. ditambah hawa siang itu yang memang cukup panas. Rasanya aku ingin mencari udara segar setelah suntuk karena tugas, ingin sekali keliling melihat-lihat pemandangan kota ukir ini. Untunglah ada omku, Om Udin yang mengajakku keliling kota. Tanpa pikir panjang aku diajak ke salah satu objek wisata, yaitu pantai Kartini. Pantai kartini terletak di Bulu, Jepara, Jawa Tengah. Pantai yang terletak 2,5 km ke arah barat Kantor Bupati Jepara.

Tak terasa perjalan yang tidak jauh dari rumah nenek, akhirnya sampai pada tujuan. Sesampainya disana kami menemui dua gerbang pintu masuk. Gerbang pintu masuk pertama adalah akses menuju dermaga Pantai Kartini. Wisatawan yang melalui gerbang ini biasanya akan menuju Karimun Jawa. Gerbang kedua adalah gerbang masuk menuju Pantai Kartini.

Dibalik pantainya yang indah, terukir cerita lama didalamnya. Pemerintah daerah setempat memberi nama Kartini bertujuan untuk mengenang jasa pahlawan kita R.A. Kartini. Menurut pengelola pantai kabarnya jaman dahulu R.A. Kartini beserta saudaranya sering sekali bermain di pantai ini. Pantai memiliki pasir yang putih dan ombak yang tenang. Pantai ini cocok dikunjungi sebagai wisata keluarga. Selain menawarkan keindahaan panorama alami pantai, ada beberapa wahana yang tersedia di pantai ini. Berbeda dengan objek wisata pantai lain, di pantai ini bukan hanya keindahan panorama pantai yang ditonjolkan, tetapi juga taman dan wahana hiburan pendidikan.

Matahari sudah condong kebarat, bersama saudara-saudaraku aku diajaknya untuk naik kereta yang berputar menelusuri sekitaran pantai yang indah ini. Tak henti-hentinya aku berdecak kagum atas keindahan panoramanya. Hembusan angin memberikan kesejukan dan rasa damai. Tak ada seorangpun yang berwajah muram disini, semua merasakan kebahagiaan berada di tempat seindah ini. Kutengok kanan kiri memang banyak wahana di sekitaran pantai Wahana-wahana tersebut antara lain seperti Kura-kura Ocean Park, wahana bermain anak-anak, , mini bumper boat, kapal pesiar mini dan masih banyak lainnya.

Dari sekian banyak wahana yang ada, wahana yang terkenal dan banyak diminati oleh para wisatawan adalah Kura-kura Ocean Park.. Kura-kura Ocean park adalah sebuah akuarium raksasa berbentuk kura-kura. Dibangunnya bangunan ini sebagai sarana edukasi mengenai kehidupan bawah laut Indonesia yang beragam. Yang didalamnya terdapat taman laut yang terdiri dari sebuah akuarium super besar dengan lorong misteri bawah laut. Dari dalam lorong tersebut wisatawan bisa melihat kehidupan bawah laut dengan berbagai ikan berukuran besar. seperti Hiu, Dotty Back, Angel Fish, Pari, penyu dan juga terumbu karang. 

Selain itu juga berisi ikan air tawar dan kura-kura. Pengunjung diijinkan untuk menyentuh kura-kura jinak yang ada di kolam ini. Dan bagi yang ingin mencoba sensasi fish spa bisa merendamkan kaki Anda di kolam fish spa yang berisi ribuan ikan Garra Rufa. Hingga tak henti-hentinya saudaraku yang kecil kegirangan kesana kemari.

Tanpa terasa matahari semakin pergi meninggalkan kami, semakin menambah kecantikan dari pantai yang penuh histori dari seorang pahlawan wanita yang dikenal dengan Raden Ajeng Kartini. Akhirnya kami memutuskan untuk pulang dengan meninggalkan jejak langkah dalam pasir putihnya yang penuh kenangan ini, tak mungkin aku lupa akan nama yang sama harumnya dengan putri sejati, walau kutulis nama mu di pasir yang tersapu ombak akan selalu kukenang dengan pantai menawan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00