• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Feature

INTIP, Makanan Khas Solo dengan Lelehan Gula Jawa

8 July
10:31 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Camilan khas Solo bernama Intip ini wajib dibeli pelancong sebagai oleh-oleh ketika berkunjung ke Kota Solo, Jateng.

Banyak toko menjual intip, salah satunya Toko Oleh-oleh khas Solo Mini Jaya. Toko oleh-oleh ini berada di Jl Solo-Sragen Km02 Jaten, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Toko Mini Jaya buka pukul 8.00 WIB-10.00 WIB.

Adapun intip merupakan jenis oleh-oleh yang sudah banyak  dikenal baik oleh masyarakat lokal Kota Solo dan luar Solo. Camilan intip sebenarnya hanya kerak nasi yang berada di dasar periuk penanak nasi.

Intip terdiri dari intip asli dan intip buatan. Intip asli adalah intip yang dihasilkan oleh kebanyakan rumah tangga yang berasal dari periuk nasi biasa.

Bentuknya pun tidak rapi dan mudah pecah. Namun, berbeda dengan intip buatan. Intip buatan memang sengaja diproduksi oleh pembuat intip dengan tujuan di jual di pasaran.


Biasanya intip ini dibuat dalam jumlah yang banyak. Prosesnya sama dengan menanak nasi, dan dibuat mirip dengan periuk penanak nasi.

Bentuknya, bulat rapi, tidak mudah pecah dan ditambahkan aneka ragam bumbu untuk memberi cita rasa gurih. Jajanan intip hasil produksi, punya rasa manis, asin, gurih, dan manis dengan lelehan gula jawa.

Harga jualnya bervariasi, dari yang paling kecil hingga terbesar. Namun rata-rata yang banyak dijual adalah yang harganya berkisar antara Rp5.000 hingga Rp10.000, meski ada pula toko oleh-oleh yang menjual sampai Rp15.000 rupiah. Sedangkan di Toko Mini Jaya intip besar dijual Rp10.000.

Marni, pemilik Toko Mini Jaya, mengatakan bahwa pembeli intip bertambah banyak ketika liburan tiba.

“Saya bisa setok banyak pas liburan minggu kemarin (saat libur panjang akhir pekan lalu, Red), ” ujarnya.

Toko Mini Jaya milik Marni menjual berbagai jajanan khas Solo. Selain intip, ada juga misalnya brem, kuwaci Solo, jamur kuping, sale pisang Sukoharjo, dan jenang ayu.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00