• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Gugah Kesadaran Lingkungan Melalui Trail Running Twin Lake Festival 2019

6 July
22:32 2019
4 Votes (4.5)

KBRN, Singaraja : Sebanyak 580 peserta Lomba Lari Lintas Alam - Trail Running III serangkaian pelaksanaan Twin Lake Festival 2019, dilepas Asisten III Setda Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa mewakili Bupati Putu Agus Suradnyana, Sabtu (6/7/2019) pagi di Kawasan Wisata Danau Buyan, Kecamatan Sukasada.

Peserta lomba lari terdiri dari kategori pelajar menempuh jarak 10 km dan kategori umum dari kalangan atlet PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia) dan komunitas pelari se-Bali, menempuh jarak 15 km.

Bupati Buleleng dalam sambutan tertulisnya dibacakan Asisten III, Gede Suyasa mengungkapkan, penyelenggaraan trail running yang telah berlangsung untuk ketiga kalinya serangkaian Twin Lake Festival, diharapkan mampu memberikan vibrasi kepada masyarakat luas akan pentingnya kesadaran untuk menjaga kelestarian alam.

Danau Buyan dan Danau Tamblingan yang berada di wilayah Kabupaten Buleleng sebagai taman wisata alam, hendaknya selalu dijaga kelestariannya sehingga manfaat utama kekayaan alam tersebut tidak bergeser ataupun punah. Lebih lanjut Gede Suyasa mengungkapkan, dengan keikutsertaan peserta lomba dari seluruh Bali menjadi nilai positif bagi promosi pariwisata Bali Utara.

“Ini juga merupakan ajang promosi terhadap kawasan pariwisata di Buleleng, khususnya kawasan pariwisata di pancasari yaitu Danau Buyan dan juga di Danau Tamblingan. Dengan makin banyaknya peserta yang dating dari seluruh Bali, kita harapkan peserta bisa mempromosikan bahwa begitu indahnya kawasan wisata yang ada di Kabupaten Buleleng,” ungkapnya.

Sementara itu salah satu peserta dari Kabupaten Tabanan, Nyoman Karmayasa yang berhasil menduduki podium pertama di kategori umum putra, menyatakan pengalaman pertamanya mengikuti lomba lari lintas alam di kawasan wisata Danau Buyan tersebut cukup menantang.

“Pengalamannya sangat mengesankan, dimana track yang sangat luar biasa, tanjakan cukup luar biasa, turunan juga, dan membuat itu daya tahan setiap atlet itu harus kuat,” ucapnya.

Pada kategori umum putra, Nyoman Karmayasa dari Tabanan berada di podium pertama, disusul Putu Putu Andika Andrywan dari Buleleng dan Evendi dari Denpasar. Pada kategori umum putrid, podium pertama diraih Ketut Cita, disusul posisi 2 dan 3 Alicia dari Badung dan Yunita dari Denpasar

Sementara di kategori pelajar putra, Komang Deni Gunawan dari SMAN 4 Singaraja berada di posisi pertama, disusul Wayan Widhi Adnyana, siswa SMKN Taruna dan Ketut Arcana dari SMKN 1 Sawan. Sedangkan pada kategori pelajar putrid, juara 1 diraih Gusti Kadek Widyartini dari SMPN 1 Singaraja, diususl posisi kedua Ni Ketut Dewi Resmiadi dari SMPN 2 Kubutambahan dan siswa SMAN 1 Kubutambahan, Ni Komang Evi ratnadi berada di posisi ketiga.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00