• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kilas Bola

PSMS Menang 3-2 Atas Perserang

6 July
20:31 2019
0 Votes (0)

KBRN, Medan: Tuan rumah PSMS Medan sukses memetik poin penuh, pada pekan ke 4 lanjutan kompetisi Gojek Liga 2 Indonesia di Stadion Teladan Medan, Sabtu (6/72019) sore. Menjamu tim Perserang Serang, tim berjuluk ayam Kinantan menang dengan skor akhir 3-2. Namun kemenangan tim asuhan Abdul Rahman Gurning harus diraih dengan susah payah.

Pada laga tersebut Pelatih kepala PSMS Abdul Rahman Gurning melakukan rotasi besar - besaran dengan memainkan lima pemain baru yang sebelumnya tidak menjadi starting eleven saat menghadapi Cilegon United. 

Natanael Siringo - Ringo dipasang lebih awal menggantikan Aldino yang berada di bangku cadangan. Begitu juga Yudha di plot menggantikan posisi yang sebelumnya ditempati Egas. 

Untuk lini tengah, Gurning juga melakukan rotasi dengan memainkan Munawir Basri menggantikan Aidun Sastra, dan Eki Fauzi kembali dipercaya menjadi starter mengisi posisi Rendy. Sementara lini belakang, hilangnya Dimas karena sakit, Gurning memainkan Kesuma Satria Yudistira. 

Sementara Legimin Raharjo masih menjadi jenderal lapangan lini tengah ayam Kinantan. Serta Al -Hadji masih diduetkan dengan Afiful di posisi stopper.

Sementara di kubu lawan, tim asuhan Jaya Hartono juga melakukan sejumlah rotasi pemain. Penjaga gawang Safrudin berada di bangku cadangan dan posisinya digantikan Galih Firmansyah. Begitu juga untuk posisi tengah, Jaya Hartono mempercayakan Sumarna yang menggantikan posisi Didik Ariyanto. Sumarna dipercaya bisa membobol gawang PSMS karena sempat mencetak gol ke gawang Persiraja saat laga away sebelumnya. 

Pada laga yang dipimpin wasit Salman Asal Jawa Barat, tuan rumah PSMS justru tertekan sejak kick off dimulai. Menit ke -6 PSMS tertinggal 0-1 melalui gol yang diciptakan Hari Habrian. Memanfaatkan kemelut di depan gawang PSMS melalui tendangan sudut, Habrian yang telah berdiri bebas di tiang kiri menceploskan bola dengan kaki kanan yang sulit dijangkau penjaga gawang Nasirin. 

Tertinggal 0-1, PSMS mengurung pertahanan tim Perserang. Natanael memiliki dua peluang emas pada menit ke - 22. Sayang, meski sudah tinggal berhadapan dengan penjaga gawang Perserang Galih, namun sepakan Natanael masih bisa di blok oleh Galih. Begitu juga bola rebound hasil sepakan Natanael masih belum bisa dimanfaatkan Eki.

Menit ke -33 PSMS kembali memiliki peluang emas samakan skor melalui tendangan bebas usai Natanael dilanggar Novriza. Eki yang mengeksekusi tendangan bebas melalui sepakan kaki kanan, yang masih membentur mistar gawang Perserang. Menit ke -40, giliran Fathoni mendapat kesempatan mencetak gol. Sayang, sepakan eks PSPS Riau ini masih menyamping di sisi kiri gawang Perserang. 

Hingga babak pertama berakhir tidak ada satu gol pun yang tercipta. PSMS tertinggal 0-1 atas Perserang. 

Memasuki babak kedua, PSMS bangkit. Dalam tempo 11 menit tiga gol berhasil bersarang di jala Perserang. 

Gol pertama PSMS diawali di menit ke -46 melalui sayap serang Eki. Pemain bernomor punggung 22 ini sukses mencetak gol usai mendapat umpan crossing Ilham Fathoni dari sisi kiri pertahanan Perserang. Menit ke -54 Fathoni berbalik mencatatkan namanya di papan skor sekaligus membawa PSMS berbalik unggul 22-1.Memanfaatkan umpan Al -Hadji yang menyambut umpan crossing tendangan bebas Legimin Raharjo, Fathoni melepaskan sepakan kaki kiri ke gawang Perserang. 

Menit ke -56 Eki kembali membukukan gol kedua di laga tersebut. Gol tercipta melalui aksi cerdik Bayu yang mampu melewati tiga pemain lawan sebelum akhirnya masuk ke sisi kiri area kotak penalti. Bayu kemudian melepaskan umpan tarik kepada Eki, dengan cekatan Eki melepaskan sepakan kaki kanan yang sulit dijangkau Galih.

Menit ke -67 Hari Habrian mampu membuka asa Perserang. Hari kembali mencetak gol kedua sekaligus perkecil skor menjadi 2-3. Berhasil lolos dari perangkap offside dengan tenang ia mengelabui penjaga gawang Nasirin. Hingga babak kedua berakhir skor tetap 3-2 bagi PSMS.

Kemenangan ini disyukuri oleh sang pelatih Abdul Rahman Gurning. Secara keseluruhan anak asuhnya mampu bangkit dari ketertinggalan dan membawa tim meraih poin penuh. Pelatih berlisensi A AFC ini menilai kunci kemenangan tim adalah kerja keras skuatnya.

"Kita bersyukur dengan kemenangan ini. Secara keseluruhan anak - anak saya apresiasi. Kita bisa menang dan kita apresiasi kepada semua pemain yang telah berjuang mati - matian. Ini berkat kerja keras anak - anak. Intinya pemain paling siap dimainkan makanya kita lakukan terus rotasi," ucap Gurning. 

Meski sempat tertinggal satu gol di babak pertama, namun Gurning memuji permainan tim yang bangkit sejak awal babak kedua. Selain Eki, Gurning menilai Natanael yang baru pertama kali diturunkan juga pantas disematkan sebagai pemain terbaik. 

"Sebenarnya Eki yang selama ini tidak kita turunkan bisa cetak gol. Tadi kita kebobolan babak pertama saya intruksikan jangan menunggu pemain lawan. Dari awal saya tekankan kita harus menang dan jangan emosi. Babak kedua mereka bermain ngotot. Saya lihat Natanael hari ini bagus mainnya," jelas Gurning. 

Sementara pelatih Perserang Serang, Jaya Hartono, menilai laga kedua tim berlangsung seru. Namun, kebangkitan pemain PSMS sejak menit awal babak kedua, yang membuat mental dan fokus anak asuhnya down sehingga gawang Perserang harus rela dibobol tiga gol.

"Sebenarnya pertandingan sangat menarik terutama babak pertama saya melihat kedua tim sama saling menyerang. Memasuki baka kedua kami dikejutkan dengan gol yang begitu cepat dari PSMS. Sehingga pemain down dan tidak percaya diri. Gol perdana PSMS yang membuat pemain down. Akhirnya tidak punya percaya diri. Kami justru bisa bangkit 15 menit terakhir," ucap Jaya.

Selain itu, permainan agresif PSMS di babak kedua juga menyulitkan skuadnya mengembangkan permainan. Serangan mereka juga sering terpatahkan akibat pressure dari tim lawan yang sangat cepat. "Kita kesulitan pemain PSMS begitu agresif patahkan serangab kita, terutama di lini belakang mereka sangat agresif menghalau bola serta mematahkan serangan kita," ucap Jaya.

Dengan kemenangan ini maka PSMS baik ke posisi tiga klasemen liga 2 wilayah barat dengan mengemas 9 poin hasil dari empat laga. Sementara puncak klasemen diduduki Persita dengan mengemas 9 poin, usia menang telak 4-0 atas PSPS Riau. PSCS Cilacap posisi kedua dengan nilai sama namun memiliki satu laga melawan Sriwijaya FC. 

  • Tentang Penulis

    Dadan SF

    System Admin RRI Medan<br />

  • Tentang Editor

    Azis Zulkarnaen

    Editor RRI Bandung

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00