• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

Komitmen Nol Insiden, Grab Hadirkan Fitur Keamanan

3 July
17:35 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bandung: Sebagai pelopor dalam menciptakan standar keamanan yang tinggi di Indonesia, Grab berkomitmen menjadi platform paling aman bagi seluruh pengguna. Menjawab tantangan keselamatan transportasi dengan komitmen nol insiden, Grab menghadirkan berbagai fitur-fitur keselamatan terbaru.

Hal tersebut diungkapkan Head of Area Grab Jawa Barat Yose Tireza Arizal disela Safety Roadshow di Bandung, Rabu (3/7/3019).

" Safety Roadshow mempertegas komitmen Grab demi menjadikan perjalanan lebih aman, baik bagi mitra pengemudi maupun penumpang,"ucapnya.

Dikatakannya juga, untuk mencapai nol insiden, Grab meluncurkan fitur-fitur yang merupakan bagian dari Roadmap Teknologi Keselamatan, seperti, penyamaran nomor telepon (number masking), Free Call (VoIP), verifikasi wajah pelanggan dan pengemudi melalui swafoto, tombol darurat serta fitur bagikannlokasi perjalanan ( Share May Ride).

Yose menjelaskan, dalam fitur   ini, Grab akan menggunakan nomot telepon virtual dalam setiap perjalanan yang dilakukan melalui aplikasi, sehingga penumpang maupun pengemudi tidak memiliki akses nomor telepon pribadi. Untuk Fre Call (VoIP), penumpang maupun pengemudi kini dapat memilih free call yang intinya memudahkan komunikasi antara pelanggan dan pengemudi. Untuk  safety lainnya, Grab mewajibkan penumpang melakukan verifikasi wajah secara langsung sebagai bentuk identifikasi sebelum memesan. Hal yang sama juga dilakikan pengemudi, untuk verifikasi wajah secara berkala. Kemudian lanjut Yose, Grab juga menyediakan fitur emergency yaitu tombol darurat untuk keadaan ataupun kondisi yang mendesak. Sedangka Share My Ride fitur ini penumpang dapat membagikan tautan rute perjalanan secara realtime bersama Grab.

"Ini semua untuk meminimalisir insiden yang bisa sepenuhnya dicegah, mengurangi kecelekaan dengan menciptakan kebiasaab baru yang mengutamakan keselamatan,'ujarnya.

Selain itu juga, Grab dalam menciptakan keamanan dan kenyamanan khususnya bagi pengemudi maupun penumpang wanita, telah menjalin kerjasama dengan Komnas Perempuan dan lainnya. Hal itu untuk memberikan edukasi, mengingat banyaknya kasus pelecehan seksual maupun kekerasan terhadap perempuan di moda transportasi umum.

"Sebagai bagian dari safety roadshow Grab dan Komnas Perempuan mengadakan edukasi perlindungan penpang dan mitra pengemudi perempuan di transportasi online bagi mitra pengemudi Grab,"jelasnya.

Safety Roadshow yang di gelar Grab,  menjadikan Bandung sebagai kota pertama. Safety Roadshow juga akan digelar di kota lainnya, seperti Medan, Makasaar dan Surabaya.
Dalam acara itu juga hadir wakil ketua Komnas Perempuan Budi Wahyuni, yang memberikan paparan kepada mitra pengemudi perempuan Grab.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00