• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

Perkembangan Industri Teknologi Dapat Menjadi Penggerak Kemajuan Negara

3 July
16:00 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Perkembangan teknologi dunia industri didalam dunia pendidikan perguruan tinggi, juga turut diharapkan dapat menjadi penggerak majunya dunia riset dan pengembangan (Research and Development) untuk bidang penelitian kesehatan.

Wakil Direktur Indonesian Medical Education and Research Institute (IMERI), Prof Dr dr Budi Wiweko mengungkapkan adanya perkembangan dunia teknologi dan riset di sejumlah perguruan tinggi di mancanegara menjadi salah satu roda penggerak kemajuan negara. Untuk itu, ia menyatakan bahwa penerapan perubahan industri teknologi di perguruan tinggi dapat menentukan perkembangan Indonesia.

"Saya kira begini, yang pertama diyakini bahwa research and technology menjadi tulang punggung bagi kemajuan suatu negara. Oleh karena itu kita lihat di beberapa negara maju, perguruan tinggi itu menjadi pendukung utama kemajuan suatu negara, pendukung utama industri di suatu negara jadi sudah tidak aneh perguruan tinggi menjadi RnD industri besar dunia. Tentu Indonesia pada posisi yang harus siap karena challenge-nya jelas, di dunia yang sekarang 4.0, industrial revolution 5.0," ungkap Budi Wiweko di Gedung Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Salemba Jakarta, Rabu (3/7/2019).

Hal tersebut dikarenakan adanya sejumlah perguruan tinggi di Indonesia yang juga tak kalah kualitasnya dari perguruan tinggi yang berada di luar negeri.

Lebih lanjut, Budi Wiweko juga menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah sebagai pembuat regulasi dan mendorong adanya penelitian yqng dilakukan para oeneliti Indonesia.

"Saya kita harus bersinergi dalam kolaborasi dalam research penelitian inovasi untuk mengembangkan dan membangun negara, tinggal regulasi yang mendukung. Tentu regulasi harus dikeluarkan pemerintah, pemerintah harus mendorong pengembangan pusat-pusat penelitian yang produktif di perguruan tinggi, pemerintah mendukung pengembangan research melalui alokasi anggaran yang cukup baik," ujarnya lagi.

Sementara itu, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Ari Fahrial Syam mengatakan, selain dengan adanya perkembangan dan dukungan akan industri teknologi dalam pendidikan perguruan tinggi. Namun, yang tak kalah pentingnya adalah publikasi akan penemuan dalam riset yang menggunakan industri teknologi, sebagai suatu proses publikasi untuk masyarakat, yang berkesinambungan. Menurut Ari Fahrial, hal tersebut bertujuan untuk menyatakan bahwa hasil riset dari para penelitian tersebut, bukanlah sekedar riset dengan penggunaan industri teknologi belaka, namun dapat dipertanggungjawabkan.

"Jadi memang prinsipnya adalah sesuatu yang berkesinambungan, dan sebagian riset-riset itu juga kita buat dalam bentuk ada yang menghasilkan. Prinsip-prinsipnya misalnya, riset menemukan sesuatu, ada berdasarkan bukti. Bukti ini harus dilakukan riset secara ilmiah untuk menghasilkan suatu publikasi internasional, publikasinya itu biasanya ada reviewernya. Bukan sekedar asal riset terus dipublikasim," tutur Dekan FK UI Ari Fahrial Syam.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00