• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

UGM Jadi Tuan Rumah Pelatihan Regional Digital Talent Scholarship

3 July
15:28 2019
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta : Direktur Jenderal Pos dan Penyelenggaraan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Ahmad Ramli, Rabu (3/7/2019) membuka pelatihan Regional Digital Talent Scholarship yang akan berlangsung selama dua bulan di Kampus Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

Di depan 642 peserta Digital Talent Scholarship yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia, Dirjen Pos dan Penyelenggaraan Informatika Prof. Dr Ahmad Ramli mengatakan, saat ini Indonesia menjadi negara kelima di dunia yang memiliki perusahaan digital rintisan atau start up paling banyak, setelah Amerika Serikat, India, Inggris dan Kanada. Saat ini Indonesia memiliki 2075 start-up.

Menurut Ahmad Ramli, faktor paling menentukan keberhasilan bisnis start up adalah timing.

“Indonesia termasuk tinggi jumlah start up nya degan sekitar 2075. Faktor yang membuat sukses membuat start up, funding atau pembiayaan itu hanya 14 persen. business model 28 persen, tim 32 persen, timing 42 persen. Kalau anda ingin membangun start up, timing menjadi faktor penting karena sehebat apapun gelontoran dananya, sehebat apapun tim-nya, jika timing sudah lewat ya sudah tidak bisa apa-apa,” jelas Ahmad Ramli.

Untuk membangun karakter kepemimpinan digital, menurut Dirjen, para mahasiswa dituntut untuk mampu belajar menganai apa yang sedang berkembang di masyarakat pada saat menuntut ilmu di perguruan tinggi.

“Kalau kita ingin membangun karakter kepemimpinan digital, yang paling penting adalah ketika kita menjadi mahasiswa saat sekolah kita harus mengkolaborasi pembelajaran-pembelajaran yang ada di masyarakat itu. Kemampuan akademis itu sering kali tidak linear dengan karier,” tegas Ahmad Ramli.

Program pelatihan kompetensi Digital Talent Scholarship 2019 yang memberi kesempatan kepada 25.000 peserta ditujukan untuk meningkatkan keterampilan SDM bidang komunikasi dan informatika sehingga dapat meningkatkan produktifitas dan daya saing bangsa.  

Pelatihan mencakup 4 program, yaitu Fresh Graduate Academy-untuk lulusan D3, D4 dan S1 bidang TIK dan MIPA, Vocational School Graduate Academy-untuk lulusan SMK, Coding Teacher Academy - untuk para guru pengajar bidang TIK di SMK, SMA SMALB dan Madrasah Aliyah, serta Online Academy- untuk masyarakat umum termasuk pelaku industri.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00