• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

Human Initiative Jelaskan Cara Tangani Bantuan Pangan Korban Bencana

3 July
09:26 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Bencana yang menimpa manusia  melibatkan lembaga kemanusiaan dalam menangani dan menyelamatkan nyawa korban bencana tersebut. Banyak hal yang harus diperhatikan pada fase awal saat menangani korban, terutama untuk kehidupan. Dasar pengetahuan dalam menyelamatkan korban bencana dikenal sebagai sphere atau standar minimum dalam bantuan kemanusiaan.

Presiden Human Initiative, Tomy Hendrajati mengatakan perlunya lembaga kemanusiaan yang akan membantu korban mengetahui keperluan dasar apa saja yang dilakukan. Hal tersebut untuk mempercepat pemulihan tanggap bencana.

"Kita harus mengetahui untuk satu orang di daerah bencana, butuh berapa liter air nah itu yang perlu diketahui," katanya di Jakarta, Rabu (3/7/2019).

Menurut dia, kewajiban pelaku lembaga kemanusiaan menyemangati hidup para korban bencana dalam pengungsian dan menjadikan mereka bermartabat. 

"Jangan sampai menggambarkan kepedihan, saat mengambil dokumentasi. Justru kedepankan harapan - harapan yang manis untuk mereka bebas dari derita bencana," ujarnya.

Menurutnya, sphere dimulai sejak tahun 1997 oleh sekelompok Organisasi Non-Pemerintah (NGO) bidang kemanusiaan dan gerakan Palang Merah Internasional.

Sphere bertujuan untuk meningkatkan mutu tindakan organisasi kemanusiaan pada saat bencana terjadi baik itu bencana alam maupun bencana manusia (konflik). Falsafah Sphere yang perlu diketahui yakni Pertama, bagi para penyintas atau warga terdampak bencana tetap memiliki hak-hak asasi untuk tetap hidup bermartabat.

Oleh karena itu mereka berhak mendapat bantuan dan pertolongan dari pihak yang memiliki kemampuan untuk melakukan aksi kemanusiaan. Kedua, semua tindakan yang diperlukan harus dilakukan untuk meringankan beban penderitaan manusia akibat bencana.

Panduan Sphere menjelaskan mengenai Piagam Kemanusiaan, Kebutuhan Standar Minimum, Prinsip-prinsip Perlindungan, dan Standar Inti Kemanusiaan.

Standar Minimum menggambarkan kondisi-kondisi yang harus dicapai dalam semua tindakan tanggap kemanusiaan agar masyarakat penduduk yang terkena bencana dapat bertahan dan pulih ke kondisi stabil dan bermartabat.

Keseluruhan panduan Sphere agar bantuan kemanusiaan dapat berjalan dengan baik dengan mengedepankan kode etik kemanusiaan dan menghormati hak serta martabat para penyintas.

"Mengangkat korban bencana dengan mengunggah harapan," katanya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00