• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Haji 2019

JCH Madiun Masuk Kloter 4

27 June
14:41 2019
1 Votes (5)

KBRN, Madiun : 189 jamaah calon haji (JCH) asal Kota Madiun tahun ini masuk kloter 4 embarkasi Surabaya. Mereka akan bergabung dengan 197 JCH asal Kabupaten Pacitan dan 59 jamaah asal Kota Surabaya. Jumlah JCH yang berangkat tahun ini menurun dibanding tahun lalu sebanyak 214 jamaah.

Adapun dari 189 jamaah yang berangkat, terdiri 85 laki-laki dan 104 perempuan. Terinci dari Kecamatan Taman 115 orang, dari Kecamatan Kartoharjo 52 orang dan dari kecamatan Manguharjo  22 orang. Jamaah tertua, Jayat Sukadi (77) wargal Jalan Trengguli, sedangkan jamaah termuda, Mustofa Abdul Azis (26) warga Jalan Slamet Riyadi.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Madiun, Ahmad Munir mengatakan, seharusnya tahun ini ada 181 jamaah yang berangkat. Tetapi karena adanya penambahan kuota dari pemerintah, maka Kota Madiun tahun ini mendapat jatah tambahan 8 orang jamaah. Ahmad Munir menyatakan, JCH yang berangkat tahun ini rata-rata telah mendaftar haji antara bulan November 2010 lalu.

“Jumlah jamaah kami di Kota Madiun ini ada 189 orang, itu sudah termasuk adanya penambahan 8 orang. Secara keseluruhan alhamduillah semuanya sudah siap untuk diberangkatkan,” kata Ahmad Munir, Kamis (27/6/2019).

Disisi lain ada lima orang petugas pendamping yang menyertai jamaah, yakni Tim Pembimbing Haji Indonesia (TPHI) dari Pacitan. Tim Pemandu Ibadah Haji (TPIH) merupakan dosen Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya. Sementara dokternya dari Puskesmas Tawangrejo, Kota Madiun, serta dua orang perawat dari Puskesmas di Pacitan.

Sampai saat ini lanjutnya, persiapan jamaah calon haji sudah mencapai 98 persen. Termasuk persiapakan dokumen, baik paspor maupun visa, pemeriksaan kesehatan dan semua yang berkenaan dengan keberangkatan jamaah diklaim sudah siap. JCH asal Kota Madiun juga melaksanakan praktek manasik haji tingkat kecamatan sebanyak enam kali dan tingkat kota 2 kali.

Jika tidak ada perubahan, JCH Kota Madiun akan diberangkatkan dari Asrama Haji Kota Madiun pada Minggu, 7 Juli 2019 pukul 11.00 WIB, dan tiba di embarkasi Surabaya pada pukul 15.00 WIB. Esoknya, 8 Juli, JCH yang tergabung dalam kloter 4 akan diberangkatkan dari Surabaya menuju Madinah. 

Untuk JCH asal embarkasi Surabaya, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Bali akan menginap di kawasan Mahbas Jin Makkah. Ini karena untuk penempatan jamaah pada musim haji tahun ini, pemerintah menetapkan sistem zonasi. Sementara itu sesuai jadwal, mereka akan kembali ke tanah air pada 19 Agustus mendatang.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00