• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

Yakin Menang, Kuasa Kuasa Hukum Prabowo: Hakim MK Harus Jaga Public Trust!

27 June
10:21 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Anggota Tim Kuasa Hukum Prabowo Subianto - Sandiaga Uno, Lutfi Yazid mengaku sangat optimis kalau hakim Mahkamah Konstitusi (MK) bakalan mengabulkan permohonan atas Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2019. Sebab para hakim MK diyakininya akan menjaga kepercayaan publik atau public trust terhadap pengadilan.

"Kami sangat yakin. Sebagai kuasa hukum Paslon 02 sangat penuh dengan keyakinan bahwasanya permohonan kami itu akan dikabulkan oleh hakim MK yang mulia," katanya saat berbincang dengan Radio Republik Indonesia, Kamis (27/6/2019).

Pasalnya menurut dia, sebagai negarawanan yang baik, para hakim MK akan mempertimbangkan secara legalistik, positifistis semua petitum yang sudah mereka ajukan. Tentunya berdasarkan dengan surat, keterangan pihak pemohon, saksi, keterangan ahli, petunjuk, dan keterangan lain yang diajukan oleh 02.

"Mereka akan sampai pada substansinya, mereka akan menjaga kemuliaannya dengan putusan yang akan disampaikan pada hari ini," ujarnya yakin.

Hal itu menurut dia didasarkan pada kebenaran, keadilan, sejauh mana amanat konstitusi Pasal 22C ayat 1 UUD 45 yang menyatakan bahwa Pemilu harus jujur dan adil. Terlebih, lanjut dia, hakim MK pun tahu betul kalau semua masyarakat juga ikut mengawasi jalannya persidangan.

"Saya kira public trush akan sangat penting dalam keputusan yang akan diambil oleh MK," tekannya.

Sebab jika putusan yang diambil itu tidak memiliki kepercayaan publik, maka itu akan berimbas pada jalannya pemerintahan pada lima tahun ke depan.

"Pemeritahan yang tidak ada public endorcement juga akan menjadi persoalan ke depan," tegasnya.

Meski demikian, diakuinya bahwa bukan tidak mungkin kalau nantinya hakim MK hanya akan mengabulkan beberapa permohonan mereka.

"Apa yang kami tuntut adalah MK mengabulkan seluruhnya, tapi kan ada alternatif, ada sebagian juga, tidak bulat, ada juga lonjong, jadi kita serahkan sepenuhnya kepada hakim konstitusi yang kami hormati. Kami juga mohon kepada seluruh masyarakat Indonesia akan berjalan aman," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00