• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

Ketua Gerindra: MK Harus Kabulkan Permohonan 02, Jika Tidak ...

27 June
05:05 2019
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Barisan pendukung pasangan Capres - Cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto - Sandiaga Salahuddin Uno meminta Mahkamah Konstitusi (MK) untuk mengabulkan permohonan jagoannya dalam perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Presiden 2019. Jika tidak, kecurangan Pemilu diprediksi akan terus berlanjut pada masa mendatang.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra, Heri Gunawan menegaskan, Tim Hukum paslon 02 sudah mengungkap bukti-bukti kecurangan dalam Pilpres secara terstruktur, sistematis dan massif.

"Maka kita berharap MK akan menerimanya dan memutuskan menolak dan membatalkan kemenangan paslon 01," katanya kepada wartawan, Rabu (26/6/2019) malam.

Apalagi kata dia, Koordinator Bidang Pelatihan di Direktorat Saksi Tim Kampanye Nasional Joko Widodo - Maruf Amin, Anas Nasikin, saksi pihak terkait telah mengakui pernah menjabarkan tentang "kecurangan adalah bagian dari demokrasi" di hadapan para anggota tim mereka sebelum pelaksanaan Pilpres.

Maka dari itu menurut dia, jika MK tidak menerima bukti-bukti kecurangan Pilpres yang diajukan oleh paslon 02, dikhawatirkan akan muncul anggapan bahwa keputusan tersebut telah melegitimasi kecurangan dan mengesahkannya dalam sebuah putusan hukum.

Padahal menurut anak buah Prabowo Subianto ini, kecurangan dalam pemilu bukan bagian dari demokrasi, melainkan bagian dari pelanggaran dalam sistem demokrasi itu sendiri.

"Kaputusan tersebut juga akan menjadi preseden buruk kedepannya. Pemilu Pilpres akan terus-menerus diwarnai kecurangan karena sudah ada yurisprudensi sebelumnya," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00