• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Pembukaan Lapangan Kerja, Cara Pemkot Cimahi Kurangi Kemiskinan

26 June
23:20 2019
0 Votes (0)

KBRN, Cimahi : Wakil Walikota Cimahi Ngatiana meminta para lurah dan camat untuk selalu memonitor masyarakatnya, apabila ada masyarakatnya yang bertambah miskin karena di kota Cimahi masih banyak pengangguran.

“Untuk menangani masalah kemiskinan di kota Cimahi semua leading sektor pemerintah memiliki program untuk melakukan aksinya,” ungkap Ngatiana selalu Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah Kota Cimahi-TKPKD kepada RRI, usai memimpin rapat monitoring dan evaluasi program penanggulangan kemiskinan daerah, di Aalu Gedung A Komplek Perkantoran Pemkot Cimahi di Cibabat, Rabu(26/6/2019).

Menurut Ngatiana, dalam penanggulangan kemiskinan tersebut perlu adanya langkah kerjasama dan koordinasi dengan semua lintas sektoral serta menyamakan persepsi dalam perlaksanaan program yang dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dengan berbasis data.

“Data ini kita minta kepada Kominfo dan Dinsos agar diakuratkan. Data kemiskinan di Cimahi sekarang ini 4,94 persen. Tapi bagaimana untuk mengurangi itu dengan adanya perencanaan program dari tiap-tiap SKPD dalam pengentasan kemiskinan,” ujarnya.

Sebenarnya ujar Ngatiana, angka kemiskinan di kota Cimahi setiap tahunnya mengalami penurunan, dimana tahun 2018 angka kemiskinan mencapai 5 persen lebih sedang tahun ini menurun menjadi sekitar 4,94 persen atau sekitar 29 ribu orang dari jumlah penduduk kota Cimahi.

Sementara kegiatan program pengentasan kemiskinan yang akan dilakukan kata Ngatiana, salah satunya adalah pembukaan lapangan kerja, pemberian bantuan-batuan stimulan seperti untuk kesehatan dan usaha perekonomian masyarakat.

“Namun demikian program itu harus mendidik masyarakat, bagaimana agar mereka bisa mandiri dalam istilah Jangan beri Ikan tetapi berilah mereka pancing.Kalau ikan bila dimakan habis, tetapi kalau pancing mereka harus bisa mencari ikan secara terus menerus,” tuturnya.

Rapat monitoring dan evaluasi itu, diikuti 90 pererta, yakni para asisten, kepala dinas, badan dan lembaga serta para lurah dan Camat se Kota Cimahi.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00