• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

Terkait Rekonsiliasi, BPN: Itu Keniscayaan

26 June
16:28 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Merebaknya isu rekonsiliasi dari pihak Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'aruf ditanggapi santai oleh Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi.

Menurut BPN, rekonsiliasi tentu selalu ada kemungkinan untuk terjadi mengingat adanya rasa saling menghargai satu sama lain antar partai politik.

"Yang pertama tentu budaya di Indonesia itu bukan budaya konflik tapi budaya harmoni, yang kedua negeri ini sudah mengalami pasang surutnya sehingga memiliki kedewasaannya. Kita boleh berbeda pendapat tapi saat yang sama juga saling menghargai, sehingga tawaran rekonsiliasi sesuatu yang niscaya," tutur Juru Bicara BPN, Mardani Ali Sera dalam Dialog Pro 3 RRI, Rabu (26/6/2019).

"Tetapi pertimbangan lainnya adalah demokrasi perlu juga kondisi yang sehat ada check and balance system. Karena itu Partai Keadilan Sejahtera tetap berharap Koalisi Adil Makmur bersama tetap di dalam maupun di luar pemerintahan," tambahnya.

Ia berujar, bahwa keputusan itu nantinya akan dimusyawaratkan dalam pertemuan dengan setiap pihak yang terjadi di tubuh BPN. Sehingga baiknya posisi sebagai pro-pemerintahan maupun oposisi masih akan menunggu momen tersebut.

"Tentu kalaupun menerima untuk kepentingan negeri dan bangsa tapi kalaupun menolak dengan santun kita kemukakan negeri ini perlu oposisi yang kuat, perlu partai politik yang punya etika sehingga kalaupun di luar dia akan kritis dan konstruktif baik di dalam maupun di luar pemerintahan," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00