• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Harga Anjlok, Peternak Bagi-Bagi Ayam Gratis di Solo

26 June
10:43 2019
0 Votes (0)

KBRN, Surakarta: Ribuan ayam hidup dibagikan cuma-cuma kepada warga yang membutuhkan, Rabu (26/6/2019) pagi. Aksi bagi-bagi ayam gratis ini berlangsung di lima kecamatan Kota Solo, meliputi Banjarsari, Jebres, Pasarkliwon, Serengan dan Laweyan.

Pantauan di halaman kantor Kecamatan Jebres, ribuan ayam dibagikan kepada warga sekitar. Masyarakat mengantri dengan membawa kupon yang sebelumnya dibagikan panitia. 

"Kegiatan ini membagikan ayam gratis bagi masyarakat yang membutuhkan. Kita gunakan kupon agar tidak desak-desakan," ungkap Parjuni, Ketua Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia Jawa Tengah (Pinsar Jateng), disela pembagian ayam.

Pembagian ayam ini dilatarbelakangi harga ayam dari peternak yang anjlok selama setengah tahun terakhir. Selain sebagai sedekah juga bentuk protes kepada pemerintah, agar segera mengambil langkah kebijakan.

"Kami harap pemerintah memahami kenapa kita melakukan pembagian ini, karena kita sudah merugi enam bulan. Sangat lama, dan bagi kami peternak sudah diluar kondisi normal," tandas parjuni.

Adapun jumlah ayam yang dibagikan di Solo sekitar 8.000 ekor. Kecamatan Banjarsari 2.000 ekor, Jebres, Pasarkliwon, Serengan dan Laweyan masing-masing 1.500 ekor. 

"Kita bagikan hari ini, tapi kalau diperlukan kita lakukan lagi. Total ada 30 ribu ekor yang akan kita bagikan," ujarnya. 

Salah seorang warga Jebres Maryati (46) mengaku senang mendapatkan ayam dari Pinsar. Namun pihaknya tidak mengetahui jika harga ayam anjlok. 

"Ya seneng sih dapat ayam gratis. Tapi harga di pasar kan normal Rp 28-30 ribu. Saya ndak tahu kalau harga dari petani hanya murah sekali. Kasian petani rugi," ucapnya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00