• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Momentum Hari Anti Narkotika Internasional Jangan Hanya Seremonial Saja

26 June
00:07 2019
1 Votes (5)

KBRN, Banjarmasin : Setiap tanggal 26 Juni, diperingati sebagai Hari Anti Narkotika Internasional (HANI). Tahun ini dengan mengambil tema " Milenial Sehat Tanpa Narkoba Menuju Indonesia Emas", menurut  Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) kota Banjarmasin AKBP Nurmawati mengatakan, Selasa (25/6/2019), Makna dari tema tersebut adalah karena saat ini bahaya dan  ancaman Narkoba banyak mengarah kepada kaum Milenial dan generasi muda yang menurutnya paling rentan menjadi penyalahgunaan narkoba.

" Karena ancaman Narkoba banyak nya mengarah kepada anak- anak milenial, jadi hari HANI tahun ini kita lebih terfokus karena yang menjadi sasaran narkoba banyak anak - anak, tapi kita tidak menutup mata juga dengan semua kalangan, cuma kebanyakan kaum Milenial, tapi tidak semua, kaum Milenial pun juga banyak yang berprestasi," kata Nurmawati.

Sementara itu dengan Momentum adanya peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI). Dirinya menyampaikan pesan, harapan, dan imbauannya pada masyarakat khususnya di Kota Banjarmasin peringatan ini jangan hanya bersifat seremonial saja yang tidak berbekas.

" Saya menghimbau dengan peringatan ini jangan hanya bersifat seremonial saja yang nanti tidak berbekas atau lewat saja, kita harus mendukung dan menolak  katakan tidak untuk narkoba, karena tidak ada guna nya hanya dua pilihan bagi yang bermain dengan narkoba, membuat orang mati dan berurusan dengan hukum karena menurut Undang-Undang (UU) No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika hukuman minimal 4 tahun kurungan penjara," imbaunya.

Ditambahkan nya tugas BNN Kota Banjarmasin tidak hanya penegak hukum tetapi juga rehabilitasi bagi pengguna narkoba.

" Yang ingin sembuh silahkan datang, tidak di pungut biaya atau gratis, rahabilitasi atau berobat untuk menjadi orang baik, namun dengan catatan orang yang bersangkutan yang mau baik, dan UU menjamin bahwa orang yang ingin rehabilitasi tidak akan di tangkap," tambahnya

Untuk diketahui dari data BNN Kota Banjarmasin tahun 2019 dari bulan Januari sampai Juni  Total pengguna Narkoba yang menjadi pasien rehabilitasi sebanyak 54 orang yakni 48 orang rawat jalan, 4 orang di rujuk ke Rumah Sakit Sambang lihum, 1 orang Di Dinas Sosial Banjarbaru, dan 1 orang di pusat rehabilitasi Lido Bogor, juga 2 orang Hasil penegak hukum yang menjalani rehabilitasi namun tetap menjalani proses hukum di pengadilan.

Adapun kegiatan yang akan di gelar BNN Kota Banjarmasin pada puncak peringatan Hari Anti Narkotika Nasional 2019 ini, akan dilaksanakan Pagelaran Seni dan Budaya dan seminar di Gedung Rektorat ULM Banjarmasin, yang dihadiri kurang lebih 300 peserta, yakni pelajar, mahasiswa,  tokoh agama dan tokoh masyarakat, juga akan diberikan penghargaan kepada 9 orang yang banyak membantu BNN Kota Banjarmasin, untuk membatu sosialisasi bahaya narkoba  kepada masyarakat.


tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00