• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Kakanwil Kemanhan RI Kalbar, Inginkan Menwa Jadi Motivator Bela Negara

25 June
13:36 2019
0 Votes (0)

KBRN, Pontianak : Kementerian Pertahanan yang memiliki program pembentukan kader-kader bela negara memandang pentingnya bela negara yang harus dimiliki semua warga negara. Satu diantara keder bela negara selain masyarakat luas, juga perlunya keterlibatan komponen resimen mahasiswa-Menwa).

Komponen Menwa ini perlu diingatkan kembali, karena pernah mengikuti  pendidikan dasar resimen mahasiswa, sehingga perlu membangkitkan kembali.

Pentingnya bela negara iini ditekankan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Pertahanan RI Kalimantan Barat,  Brigadir Jenderal TNI Binarko  Sugihantyo disela-sela  Acara Saresehan Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Provinsi Kalbar Tahun Anggaran 2019 di Makodim 1207/BS, Selasa (25/6/2019).

“Karena ini sistemnya hanya pembinaan, maka kita hanya mengingatkan kembali, memberikan motivasi, semangat bahwa kewajiban bela negara itu wajib dimiliki oleh semua warga negara, termasuk menwa yang salah merupakan satu komponen bangsa yang  mempunyai peran penting, karena sebagai komponen cadangan dalam pertahanan, sehingga keberadaannya akan dibina terus”, jelasnya.

Brigjen TNI Sunarko mengatakan,  kebetulan ini merupakan program tahunan dari Kemenhan, sehingga nanti juga akan dilakukan pembinaan alumni mahasiswa dan SMA yang tergabung dalam Parede Alumni Cinta Tanah air. Oleh karena dalam materi pembekalan memberikan harapan kepada putra putri generasi  muda ini menjadi contoh dalam masyarakat untuk bela negara.

“Melalui pembekalan ini kami sangat mengingingkan para mahasiswa, khususnya yang tergabung dalam resimen mahasiswa, terutama mengenai rasa nasionalisme, petriotisma dan sikap rasa kebangsaannya, minimal akan menjadi teladan di lingkungan keluarga dan  masyarakat sekitarnya”, tambahnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00