• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

83 Hektare Lahan Pertanian di Subang Dilanda Kekeringan

25 June
11:25 2019
1 Votes (5)

KBRN, Subang : Memasuki musim kemarau di Subang ada 83 hektare lahan pertanian di dua wilayah Kecamatan, yang sudah mengalami kekeringan, dan 2.600 hektare lebih di 12 Kecamatan dalam kondisi waspada.

Kepala Bidang Produksi Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Subang Asep Herdiyana mengatakan, hal itu dipicu akibat musim kemarau yang mulai melanda wilayah Kabupaten Subang sejak bulan April hingga memasuki akhir Juni 2019 ini.

"Meski baru 2 bulanan lebih, kemarau itu melanda Subang, namun lahan pertanian yang sudah dilanda kekeringan itu audah terjadi di 2 Kecamatan dengan kuas 83 hektare dalam kondisi ringan, dan 2.600 hektare lebih di 12 kecamatan dalam kondisi waspada," ujar Asep kepada wartawan di Subang, Selasa (25/6/2019).

Lahan pertanian yang saat ini kondisinya saat ini sudah mengalami kekeringan dengan kriteria ringan itu yakni di kecamatan Pagaden dan Dawuan, sedangkan kata Asep 12 kecamatan yang kriteria waspada, di antaranya Kecamatan Sagalaherang, Cibogo Kalijati, dan Kecamatan Pabuaran.

"Yang terancam mengalami kekeringan itu hampir tersebar si seluruh wilayah Kabupaten Subang, mulai dari wilayah Selatan hingga ke wilayah Pantura," terangnya.

Sementara itu, langkah antisipasi yang dilakukan Dinas Pertanian Kabupaten Subang saat ini agar kekeringan itu tidak mengganggu target produksi padi Subang tahun 2019 ini, pihaknya sudah menyiapkan beberapa langkah yaitu berupa, pengadaan pompanisasi, gilir giring air, dan tidak menghentikan penanaman.

"Ketiga upaya itu diharapkan, mampu meminimalisir terjadinya kekeringan yang semakin meluas," pungkas Asep.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00