• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Neraca Perdagangan Indoensia Surplus Tuai Pujian

25 June
10:18 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) mengeluarkan publikasi tentang neraca perdagangan Indonesia pada Mei 2019 yang mengalami surplus sebesar 0,21 miliar USD. Melihat hal tersebut rupanya dinilai pemerintah memang telah mengambil langkah yang baik dan tepat untuk mencapai nilai rapor tersebut.

"Kalau idealnya kita harus surplus secara keseluruhan ya nah tentu ini adalah pekerjaan yang harus dengan kerja keras semua. Maka langkah-langkah yang dilakukan pemerintah saya kira sudah sangat tepat ya bahwa bagaimana kita harus masuk ke pangsa pasar baru, kita harus masuk ke negara-negara itu," jelas Wartawan Utama, Ida Bagus Alit Wiratmaja, dalam Dialog Pro 3 RRI, Selasa (25/6/2019).

Menurutnya, negara tersebut ada di kawasan Asia Pasifik yang memberikan potensi besar untuk penjualan berbagai produk dalam negeri. Meski begitu juga mengingatkan bahwa meski produk Indonesia begitu kompetitif namun belum maksimal potensinya.

"Negara-negara yang dengan penduduk 50% penduduk dunia itu kan ada di Asia Pasifik, potensi itu sudah sangat besar untuk kita masuki semua," ujarnya.

"Karena produk kita ini sudah sangat kompetitif ya tapi belum optimal," tambahnya menandaskan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00