• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

BPS : Produk Impor Terbesar dari China Mobile Phone dan Bawang Putih

25 June
10:02 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Badan Pusat Statistik (BPS) Republik Indonesia menjelaskan, secara keseluruhan nilai impor Indonesia mengalami penurunan sebesar 5,62 persen secara bulanan (month to month/mtm). Sedangkan secara tahunan menurun sebesat 17,71 persen secara year on year (yoy). Menurut catatan BPS, bahan baku dan barang modal mengalami penurunan impor juga sepanjang Mei 2019. Komponen yang paling besar mengalami penurunan impor adalah mobile phone, emas batangan, hingga raw sugar.

Kepala BPS RI Suhariyanto menyatakan, khusus total impor Indonesia sepanjang Mei 2019 mencapai USD 14,5 miliar.

“Namun BPS mencatat sejumlah barang kebutuhan yang masih harus diimpor ke Indonesia, masing-masing diantaranya mesin pesawat mekanik, mesin atau peralatan listrik, besi, baja, plastik dan barang dari plastik," terang Suhariyanto dalam pernyataan resmi rutin di Jakarta, Senin (24/6/2019).

Sejumlah barang yang diimpor sepanjang Mei 2019 di antaranya merupakan kendaraan dan bagiannya, bahan kimia organik, serealia, ampas/sisa industri makanan dan berbagai produk kimia.

Akan tetapi, dari angka penurunan impor tersebut, BPS punya catatan menarik dalam impor kali ini, dimana kelompok sayuran mengalami kenaikan yang di dalamnya terdapat bawang putih dari China. Bukan itu saja, impor biji kerak dan abu logam serta ampas sisa industri makanan juga naik.

Berdasarkan negara asal, produk impor berasal dari China, Jepang dan Thailand cenderung tidak berubah. Produk yang paling banyak diimpor dari China adalah mobile phone tanpa baterai dan bawang putih. (Foto: EKOS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00