• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sorotan Kampus

Tingkatkan Minat Baca, Mahasiswa UM Giatkan Pojok Literasi

22 June
22:54 2019
3 Votes (5)

KBRN, Malang: Berkurangnya minat baca anak-anak seiring dengan perkembangan teknologi membuat sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam KKN Kasri Universitas Negeri Malang tergerak untuk membentuk pojok literasi di perpustakaan Desa Kasri, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang.

Salah seorang mahasiswa, Gusti Nopika mengungkapkan, pojok literasi bertujuan untuk mengaktifkan kembali perpustakaan desa, meningkatkan minat baca anak serta menghias perpustakaan agar lebih menarik. "Program kerja pojok literasi sudah dilakukan sejak awal kegiatan KKN dimulai. Pojok literasi penting dilakukan untuk meningkatkan minat baca anak, serta menambah wawasan anak. Selain itu kegiatan ini dapat mengalihkan anak dari bermain gadget," katanya, Sabtu (22/6/2019).

Ia menjelaskan, program kerja pojok literasi meliputi, menata kembali perpustakaan baik menambah referensi buku melalui donasi, administrasi perpustakaan, daftar piket secara rutin, memotivasi pengunjung perpustakaan melalui poster, serta mengadakan nonton bersama film pendek terkait pendidikan karakter. "Sejak diadakannya program pojok literasi, ada peningkatan pengunjung perpustakaan secara signifikan," ungkapnya.

Bahkan di akhir pekan ini, mahasiswa  menggelar kegiatan nonton bersama film pendek terkait pendidikan. Sedikitnya 39 siswa sekolah dasar ikut serta dalam kegiatan ini. Kegiatan nonton bersama film pendek berjudul 'Jagoan Cilik' dan video motivasi, anak-anak diharapkan dapat membentuk karakter agar dapat menghargai teman, tidak mengambil hak orang lain, tidak pantang menyerah serta dapat meningkatkan kerjasama antar teman. "Mereka sangat antusias mengikuti kegiatan ini," tutur Nopika.

Tidak hanya sekedar menonton bersama, anak-anak juga dimintai untuk maju ke depan guna menceritakan kembali, menyebutkan tokoh dan watak serta pesan moral yang terkandung dalam film tersebut. "Aktivitas ini diharapkan dapat meningkatkan rasa percaya diri, melatih keberanian anak dalam mengemukakan pendapatnya," imbuh dia.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00