• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kuliner Nusantara

Pemkab Gunungkdul Pecahkan Rekor Muri Penyajian Bakmi Jawa Terbanyak

21 June
20:15 2019
3 Votes (2.7)

KBRN, Yogyakarta : Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta berhasil memecahkan Rekor MURI penyajian bakmi jawa terbanyak, pada Jumat ( 21/6/2019).

Manajer Musium Rekor Indonesia (MURI), Ariyani Siregar usai melakukan penilaian kepada media mengatakan Sajian Bakmi Jawa terbanyak 5.500 porsi terealisasi sebanyak 5.676 porsi.

"Rekor tercapai sebanyak 5.676 porsi melebihi target awal sebanyak 5.500 porsi," paparnya.

Pencapaian ini dikatakan masuk dalam nomor rekor, 9.030/ R. MURI/ VI/ 2019. Sajian bakmi jawa terbanyak ini berhasil mengungguli penyajian mie terbanyak sebelumnya  2.615 porsi yang dilaksnakan di Jaya pura, Papua 21 November 2018 lalu.

"Sudah kita hitung langsung dan ternyata melebihi usulan rekor sebelumnya," ungkapnya.

Sementara Ketua Panitia Perayaan HUT Kabupaten Gunungkidul ke 188 Azman Latif menerangkan, pemilihan bakmi jawa sebagai bahan pemecahan MURI dilakukan mengingat kuliner ini merupakan asli Gunungkidul.

Bakmi Jawa sendiri dikenal sebagai makanan asli Kabupaten Gunungkidul yang berasal dari Desa Piyaman, Kecamatan Wonosari. Moment ini juga sebagai ajang pengenalan bakmi jawa kepada kaum milenial.

"Semoga dengan pemecahan muri ini, bakmi jawa semakin dikenal di Indonesia harapan kita juga dunia," kata Asman ditemui di Kantor Dinas Bupati.

Ketua Paguyupan Bakmi Jawa Gunungkidul, Pur Sukiran mengungkapan, ada 48 pedagang bakmi yang ikut serta dalam pemecahan rekor Muri. Setiap pedagang diwajibkan membuat 120 porsi bakmi untuk pemecahan rekor.

"Kita mendapat upah borongan setiap gerobak Rp. 1.500,000 itu untuk 120 porsi bakmi. Kita senang bisa ikut memecahkan rekor ini," katanya.

Salah satu warga Gunungkidul, Andi Wijayanto mengaku senang bisa hadir dalam acara pemecahan rekor muri penyajian bakmi jawa terbanyak. Mestipun tidak mendapat bakmi pihaknya mengaku bangga kepada Pemerintah Kabupaten Gunungkidul.

"Datang jam 16.00 WIB nunggu, pas waktunya makan setelah penilaian pukul 18.30 WIB ternyata tidak kebagihan. Tapi gak papa . Rekor ini buat Gunungkidul yang saat ini ulang tahun," ungkapnya.

Bupati Gunungkidul, Badingah dalam sambutanya mengatakan, pemecahan rekor Muri ini dilaksanakan untuk memperkenalkan Bakmi Jawa sebagai makanan asli Gunungkidul ditingkat nasional. Badingah berharap acara ini dapat menarik kunjungan wisata.

"Kita bersyukur acara ini berjalan dengan lancar dan Rekor Muri Penyajian Bakmi Jawa terbanyak dapat di raih Kabupaten Gunungkidul," katanya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00