• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

Margarito Kamis: Klaim Penggelembungan 20 Juta Suara Tidak Jelas

20 June
21:30 2019
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta: Pakar Hukum Tata Negara Margarito Kamis menilai klaim yang dilakukan Tim Hukum Prabowo Subianto Sandiaga Uno mengenai penggelembungan suara dalam Pilpres 2019 tidak dijabarkan secara detail.

Margarito mengatakan jika terjadi adanya penggelembungan suara sebesar 20 juta harusnya Tim Hukum Paslon 02 menghadirkan saksi yang menjabarkan semuanya secara jelas.

"Ya, tidak cukup jelas, tidak diterangkan sama sekali, kalau anda bilang 20 juta anda harus menghadirkan orang yang menerangkan itu," jelasnya kepada RRI, Kamis (20/6/2019).

"Harusnya diterangkan bahwa angka 20 juta begini, kenapa kurang, karena begini, dilakukan dimana, ditempat ini misalnya, di daerah ini, oleh siapa. Itu tidak diterangkan," sambungnya.

Menurutunya secara keseluruhan pada sidang yang sudah dilalui Tim Hukum tidak menghadirkan angka yang real.

"Memang secara keseluruhan kita harus jujur mengatakan menilai sidang kemarin dari semua sidang yang dihadirkan, sejauh yang saya ikuti tidak satupun angka Prabowo Sandi sekian banyak juta. tapi hanya menjelaskan dicurangi dengan cara begini, begana, begini, begana," katanya.

Sebelumnya, Ketua Tim Hukum Prabowo Subianto Sandiaga Uno, Bambang Widjojanto menemukan melalui proses hitung Tim IT internal Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi. Ditemukan 2,5 juta lebih penggerusan suara terhadap paslon 02 dan sebaliknya ada sekitar 20 juta suara yang digelembungkan untuk paslon 01 Jokowi-Ma'ruf Amin.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00